TINGKATKAN PENGETAHUAN PENGUSAHA, MAHASISWI KKN UNDIP BUATKAN MODUL MENGENAI PENTINGNYA BRAND AWARENESS PADA UMKM PRODUKSI PUPUK

Modul-Pentingnya-Brand-Awareness-pada-UMKM-Produksi-PupukModul Pentingnya Brand Awareness pada UMKM Produksi Pupuk

Sleman (13/08/2022). UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. UMKM dan koperasi memiliki wadah tersendiri di bawah Kementerian Koperasi dan UKM, hal tersebut merupakan wujud pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil juga sebagai salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah kepada para pelaku UMKM yang telah berpartisipasi dan berperan penting dalam memajukan perekonomian masyarakatdi Indonesia.

Dalam sebuah kegiatan UMKM, tujuan utama yang harus dicapai adalah menciptakan pelanggan. Oleh sebab itu, fungsi utama yang harus dijalankan oleh setiap bisnis adalah pemasaran dan inovasi produk. Pemasaran dan inovasi dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat pelanggan terhadap produk serta memberi informasi lebih jauh mengenai produk sebagai upaya branding. Karenanya, sejauh mana sebuah merek dikenal oleh pelanggan menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah UMKM.

Hal tersebut menjadi alasan terciptanya program kerja berupa pembuatan modul mengenai pentingnya brand awareness pada UMKM produksi ternak oleh mahasiswa KKN UNDIP, Ika Aprilia Widiyastuti. Program ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi para pelaku UMKM, khususnya UMKM produksi pupuk di Dukuh Bromonilan akan pentingnya membangun brand awareness pada sebuah usaha.

Brand awareness (kesadaran merek) sendiri merupakan kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan lainnya, yang menggambarkan identitas suatu merek. Kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek ini perlu sekali diciptakan karena akan jadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat pengambilan keputusan untuk melakukan suatu pembelian. Di saat yang sama, pemilik merek juga harus mempelajari perilaku konsumen demi meningkatkan awareness konsumen terhadap produk dan jasa yang dibuat, sekaligus untuk pengembangan strategi promosi, penjualan, bahkan strategi pengembangan usaha secara keseluruhan. Oleh sebab itu, penting untuk pelaku UMKM dalam membangun brand awareness pada konsumen guna meningkatkan minat beli konsumen yang secara tidak langsung akan berdampak pada penambahan pendapatan.

Lingkup kegiatan dari pembuatan modul meliputi pengumpulan materi mengenai UMKM beserta pentingnya brand awareness, penyusunan modul oleh mahasiswa, yang kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi serta penyerahan modul secara simbolis kepada Bapak Giryamto sebagai ketua kelompok ternak di Dukuh Bromonilan. Penyerahan modul kepada pihak UMKM produksi pupuk dilakukan pada Hari Sabtu, 13 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB di kediaman ketua kelompok ternak Dukuh Bromonilan.

Penulis : Ika Aprilia Widiyastuti
DPL : Drs. Eko Ariyanto, M.T.