Mahasiswa KKN Tim II Undip Ajak UMKM Mengoptimalisasi Pemasarkan Produk Melalui Digital Marketing dalam Rangka Pemberdayaan UMKM

Serua, Ciputat ( 09/08) – UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia, bahkan salah satu sektor unggulan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, menjadikan berbagai bisnis bahkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) harus memanfaatkan digital marketing untuk memperluas pemasaran. Namun, tidak semua pelaku UMKM mampu melakukannya.
Kelurahan Serua sendiri merupakan salah satu kelurahan padat penduduk yang terletak di Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Kelurah Serua juga sangat dekat dengan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan yang menyebab Kelurahan Serua mempunyai aktivitas perekonomian yang tinngi sehari-harinya.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II Tahun 2022, Huuriyah Zafira, menjalankan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang mana salah satu programnya mengajak pemilik UMKM untuk memanfaatkan Social Media dan E-Commerce sebagai sarana pemanfaatan media promosi untuk produk mereka atau yang biasa disebut dengan Digital Marketing dengan melakukan sosialisasi dengan salah satu UMKM yang ada di Kelurahan Serua. Tujuan dari program ini yaitu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk UMKM serta mencapai salah satu tujuan dari SGDs ( Sustainable Development Goals) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (8) dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (17).

screenshot-99-62f484703555e44578676295

Penggunaan teknologi digital telah mempengaruhi segala aspek kehidupan dan kegiatan masyarakat, termasuk pemasaran. Kegunaan pemasaran digital adalah untuk mendapatkan konsumen, promosi, serta meningkatkan produk yang terjual. Digital marketing memungkinkan pembeli memperoleh seluruh informasi mengenai produk dan kegiatan jual beli melalui internet. Penjual juga dapat memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan pembeli tanpa batasan waktu dan geografis. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien. Seperti yang telah diketahui bahwa masyarakat pada sekarang ini kebanyakan telah menggunakan handphone dan internet, sehingga kegiatan pemasaran secara digital sangat berpeluang dijadikan sebagai pilihan utama.

Whats-App-Image-2022-08-10-at-8-40-52-PM

Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 02 Agustus 2022, RW 19 Serua, Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan mendatangi tempat pelaku UMKM dan membagikan booklet mengenai materi yang disampaikan. Program ini disambut baik oleh pemilik UMKM dan pemilik UMKM. Materi yang disampaikan yaitu mengenai Apa itu Digital Marketing, Jenis Digital Marketing, Perbedaan E-Commerce dan Market Place, Pemahaman, manfaat, dan cara meningkatkan Brand Image, Etika dalam berbisnis, Cara menentukan target konsumen, Trend yang harus diikuti oleh UMKM, dan Cara memulai Digital Marketing untuk UMKM.

Whats-App-Image-2022-08-10-at-8-40-53-PM-1

Penulis: Huuriyah Zafira
DPL: Karnoto, S.T., M.T.
Lokasi: Kel. Serua, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan