Inovatif! Mahasiswa KKN Undip Mengajak Masyarakat Budidaya Sayur Organik di Lahan sempit dengan Teknik Vertikultur

Brosur-Menu-Makanan-Restoran

Bugangan, Semarang Timur (30/07/2022) – Padatnya pemukiman penduduk sudah menjadi masalah lama di berbagai kota di Indonesia. Pada umumnya, pekarangan rumah masyarakat yang sempit sering kali hanya dimanfaatkan untuk menanam bunga, padahal apabila dikelola secara optimal masyarakat bisa menggunakan pekarangan rumah untuk budidaya sayur organik. Budidaya sayuran di perkotaan memiliki peran penting dalam menjamin pasokan pangan berkesinambungan.

IMG-20220730-120910

Salah satu teknik budidaya sayuran yang dapat diterapkan pada lahan terbatas adalah teknik vertikultur dengan menggunakan pot/polybag sebagai wadah tanam. Teknik vertikultur sendiri merupakan cara bertanam yang dilakukan dengan menempatkan media tanam dalam wadah-wadah yang disusun secara vertikal. Manfaat dari budidaya sayur organik teknik vertikultur yaitu lebih hemat lahan, minim gulma, pemeliharaannya sederhana serta hasil panen yang lebih banyak.

IMG-20220730-115030

Kelurahan Bugangan memiliki pemukiman padat penduduk sehingga ketersediaan lahan untuk bercocok tanam sangat terbatas. Oleh karena itu, mahasiswi KKN Universitas Diponegoro melakukan program edukasi budidaya sayur organik teknik vertikultur diikuti dengan pembagian bibit sayur dan polybag kepada masyarakat. Program ini juga sejalan dengan penghijauan di wilayah Bugangan. Program ini dilaksanakan secara door to door dengan jumlah sasaran sebanyak 15 rumah warga di RW 03 Kelurahan Bugangan. Warga terlihat sangat antusias dalam program edukasi budidaya sayur organik teknik vertikultur ini. Selain itu, vertikultur juga menjadi salah satu upaya penghijauan dan penyegaran karena tanaman hijau mampu menghasilkan oksigen. Diharapkan dengan adanya edukasi budidaya sayur organik teknik vertikultur ini dapat mewudkan ketahanan pangan serta penghijauan di wilayah RW 03 Kelurahan Bugangan.

Penulis: Demak Simbolon (23020319120029)
DPL : Sukiswo, S.T., M.T.
Lokasi : Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah