Jadikan Produk UMKM Lebih Menarik, Teknik Copywriting Menjadi Kunci
SEMARANG (19/09/2022) – Pasca adanya pandemic COVID-19, UMKM menjadi salah satu sarana penggiat ekonomi yang cukup menghasilkan. Selain itu adanya teknologi internet membuat UMKM semakin mampu untuk berkembang lebih jauh sebagai suatu usaha. Namun dalam membuat pelanggan membeli pelaku UMKM harus mengetahui jika diperlukan Dalam memasarkan suatu produk, produk harus dapat menarik audiens atau pelanggan untuk tertarik mengambil keputusan apakah akan membeli produk tersebut atau tidak.
Kelurahan Purwoyoso merupakan salah satu kelurahan dengan potensi UMKM yang cukup besar terutama dibidang kuliner. Cukup banyak usaha – usaha makanan, minuman dan cemilan yang berada di wilayah Kelurahan Purwoyoso, salah satunya Silandak Kuliner atau Sikuner.
Silandak Kuliner atau Sikuner, merupakan wadah perkumpulan pelaku UMKM di RW 13 Kelurahan Purwoyoso. Terdiri dari ibu – ibu rumah tangga, mereka mampu mengolah suatu makanan dan cemilan yang cukup jarang ditemui seperti Nasi Pagar, Keripik Sagu, Keripik Kelor, dan masih banyak lagi. Saat ini, untuk pemasaran produk masih sebatas Kelurahan Purwoyoso dan masih sedikit yang mampu menjangkau keluar wilayah Purwoyoso dan Ngaliyan. Ditambah dalam promosi baik di media sosial, bentuk kemasan, masih lebih sederhana.
Maka dari itu, dalam mewujudkan mplementasi SDG’s pertama yaitu tanpa kemiskinan dan kedelapan yaitu pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, Alif Ijlal Hibatullah (21) dari program studi S1 Ilmu Komunikasi, yang tergabung dalam Tim KKN II UNDIP tahun 2021/2022, merancang program monodisiplin yang akan dilaksanakan adalah berbentuk kegiatan edukasi teknik Copywriting pada UMKM untuk meningkatkan Brand Awareness produk UMKM yang ada di Kelurahan Purwoyoso.
Pada tanggal 19 Juli 2022, berlokasi di rumah Bu Hendro di RW 13 yang juga merupakan anggota dari Sikuner, dilakukan edukasi dan pengenalan apa itu copywriting. Dalam pelaksanaan program, acara dihadiri oleh 5 orang perwakilan dari UMKM Silandak Kuliner yang menyimak semua materi yang diberikan. Alif Ijlal selaku mahasiswa Tim KKN II UNDIP memaparkan materi — materi yang diberikan adalah seputar pengertian copywriting, kenapa harus menggunakan copywriting, apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat copywriting, jenis — jenis copywriting apa saja yang bisa digunakan dalam membuat copywriting. Kegiatan ini juga peserta mendapatkan booklet yang berisi materi dan model copywriting.
Peserta yang notabenenya didominasi oleh ibu — ibu ini mampu memahami materi yang diberikan dan tertarik untuk menerapkan copywriting baik pada produk kemasan, pada iklan ataupun pada unggahan di sosial media. Beberapa ibu – ibu juga baru mengetahui kalau banyak jenis cara membuat promosi yang baru dan menarik dengan teknik copywriting.
https://i.ibb.co/5GHKS8R/LINE-ALBUM-UMKM-MONO-220811.jpg
“Kita – kita baru tau loh mas kalo bisa pakai kayak begini”, ujar Bu Hendro saat pemaparan materi. Diharapkan dengan adanya program Edukasi ini, pelaku UMKM di Kelurahan Purwoyoso dapat menerapkan pelatihan yang telah diberikan untuk meningkat kualitas branding produk UMKM tersebut. Dengan ini, identitas brand dari UMKM tersebut mampu bersaing dengan UMKM lainnya.
Nama : Alif Ijlal Hibatullah
NIM :14040119130062
DPL : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M, M.A.
Lokasi KKN : Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang