Ayo Aman Berinternet! Mahasiswa Tim II KKN Undip Mendorong Munculnya Kesadaran Berinternet dengan Aman

Kembaran (25/7) – Mahasiswa Tim II KKN Undip melaksanakan program kerja berjudul “Sosialisasi Berinternet dengan Aman” dengan siswa kelas 5 SD Negeri 2 Bojongsari.

Seiring dengan perkembangan waktu, akses terhadap internet semakin mudah dan dilakukan secara luas oleh masyarakat. Tidak hanya masyarakat usia remaja dan dewasa yang mengakses internet, anak-anak usia sekolah dasar juga melakukannya. Salah satu faktor terjadinya hal ini adalah berubahnya sistem pembelajaran sekolah menjadi daring sebagai salah satu dampak dari pandemi COVID-19. Akan tetapi, anak-anak ini tentu saja tidak menggunakan internet hanya untuk mengerjakan tugas sekolah. mereka juga mengakses situs-situs permainan, media sosial, dan sebagainya.

Dari situ, muncul kekhawatiran bahwa anak-anak ini belum sepenuhnya memahami bagaimana cara menjaga diri dalam berinternet. Padahal, harus diakui bahwa terdapat bahaya ketika berinternet, seperti menjadi korban penipuan, tanpa sengaja memberikan informasi pribadi, bahkan mengalami peretasan akun. Oleh karena itu, mahasiswa Tim II KKN Undip merasa bahwa sosialisasi mengenai cara berinternet dengan aman penting dilakukan dengan anak-anak SD Negeri 2 Bojongsari.

Sosialisasi dilakukan secara luring dengan media presentasi berupa poster. Poster ini berisi mengenai cara-cara berinternet dengan aman, yaitu jangan membagikan informasi pribadi, jangan memberikan foto pribadi, jangan mau diajak bertemu, jangan menekan link yang mencurigakan, dan selalu ganti kata sandi secara berkala. Selama berjalannya sosialisasi, terdapat sesi tanya jawab dan pemberian hadiah bagi anak-anak yang aktif. Di akhir sosialisasi, poster ditempel di papan mading SD Negeri 2 Bojongsari sebagai pengingat bagi anak-anak untuk berinternet dengan aman.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi mengenai kemanan berinternet, diharapkan anak-anak bisa menjaga dirinya sendiri dalam berinternet untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Penulis: Farah Intan Aulia Rahmah
DPL: Dr. Prasetyo Budi Widodo, S.Psi., M.Si.
Lokasi: Desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas

#lppmundip
#undip
#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip