Upaya Peningkatan Angka Cakupan Vaksinasi Booster Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi dengan Forum Kesehatan Kelurahan Siwalan

20220809-104101

Siwalan (9/8/2022) – Dengan adanya program peningkatan cakupan vaksinasi booster Covid-19 di Kelurahan Siwalan, mahasiswa mengadakan kegiatan Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 yang diterima dengan antusiasme yang baik dari pihak anggota FKK (Forum Kesehatan Kelurahan) Kelurahan Siwalan.

IMG-4796-1

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan bersamaan dengan diadakannya Rapat Tatanan FKK Kelurahan Siwalan Tahun 2022. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ibu Lurah dan beberapa perwakilan lainnya dari FKK, LPMK, Penggerak PKK, serta perwakilan dari Puskesmas Gayamsari. Ibu Lurah menyampaikan pesan melalui sambutannya bahwa diharapkan cakupan vaksinasi booster Covid-19 yang saat ini masih rendah yaitu 21% dapat meningkat kedepannya. Dalam pelaksanaan program sosialisasi ini mahasiswa memberi edukasi mengenai kaitan antara vaksinasi dengan Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok, yang menunjukkan bahwa dengan pemberian vaksinasi ini tidak hanya bertujuan untuk melindungi diri sendiri tetapi juga melindungi secara tidak langsung kepada orang di sekitar kita, terutama orang-orang kelompok rentan yaitu orang yang tidak dapat divaksinasi seperti lansia, orang dengan komorbid, anak-anak, maupun orang yang alergi sehingga tidak dapat diberi vaksin. Selain itu juga diberikan informasi terkait apa saja jenis vaksin yang beredar, serta efek samping vaksin maupun hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir efek vaksin.

Pada akhir pemberian sosialisasi, mahasiswa mengumumkan informasi jadwal dan lokasi pelaksanaan vaksinasi di Kelurahan Siwalan kepada peserta acara seraya mengonfirmasikannya kepada Pak Ali selaku perwakilan dari Puskesmas Gayamsari yang juga menghadiri kegiatan sosialisasi ini. Dengan diadakannya sosialisasi vaksinasi Covid-19 ini, mahasiswa berharap semakin banyak masyarakat yang terbuka wawasannya maupun membagikan ilmu yang telah didapat kepada keluarga serta teman-teman agar kedepannya vaksinasi booster Covid-19 di Kelurahan Siwalan dapat berjalan lancar dan angka cakupan pun meningkat. Semua ini tak lepas dari harapan mahasiswa agar kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di Kelurahan Siwalan tetap terjaga di era new normal pandemi Covid-19.

Alauna Rafi Faida – Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing : Ir. R.T.D. Wisnu Broto, M.T.
Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang
KKN Undip Tim II Kota Semarang 2021/2022