Cara membedakan Pinjol Legal dan Ilegal Bersama Warga Dusun Lahar dan Mahasiswa KKN TIM II UNDIP

20220808-212745
Kudus (13/08/2022) – Pinjaman online atau yang lebih sering disebut dengan Pinjol merupakan sebuah aplikasi pinjaman kredit uang yang akhir-akhir ini kian menjamur di masyarakat Indonesia, namun seiring dengan banyaknya aplikasi Pinjol tidak jarang ada beberapa aplikasi yang tidak mengantongi ijin dari OJK. Oleh karena itu pada hari Senin, 8 Agustus 2022 lalu telah diadakan sosialisasi oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP dengan masyarakat Dusun Lahar, Desa Puyoh, Kabupaten Kudus. Acara ini berlangsung pada saat rapat warga dan juga panitia acara 17 Agustus yang berlokasi di Masjid Al Mutaqqin, Lahar.

Screenshot-20220811-104425-Gallery
Acara ini berlangsung dengan agenda pembahasan mengenai acara 17 Agustus yang ada di Dusun Lahar yang kemudian dilanjut dengan sosialisasi Waspada Pinjaman Online Ilegal, acara ini berlangsung pada pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Sosialisasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP berfokus pada bagaimana cara membedakan Pinjol legal dan ilegal, definisi Pinjol, tips mengehindari Pinjol ilegal, dan cara menanggulangi apabila sudah menggunakan Pinjol ilegal.

Antusias warga sangat baik ketika materi tersebut disampaikan, hal ini ditunjukan dengan banyaknya warga yang mengajukan pertanyaan serta membagikan pengalaman mereka seputar Pinjol baik dari pengalaman pribadi atau pengalaman kawan serta kerabatnya. Setelah penyampaian materi sosialisasi tersebut para Mahasiswa KKN serta beberapa warga kemudian melakukan foto bersama dilanjut berbincang-bincang, serta membahas agenda acara yang akan dilakukan bersama di kemudian hari.

Penulis: Kevin Indra Mulyana
DPL : Hartanti Sandi Wijayanti, S.Gz., M.gizi.
Lokasi : Desa Puyoh Dukuh Lahar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus

#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *