Mengambil Peluang di Era Pasca Pandemi dengan Strategi Marketing Yang Tepat
Ngaliyan, Semarang (05/08/2022) – Masa pandemi COVID-19 yang terjadi berkepanjangan membawa dampak besar pada perubahan perilaku dalam bermasyarakat. Tak terkecuali dengan perubahan lingkungan bisnis terutama pada UMKM yang semakin kompleks. Persaingan pun tetap terus meningkat dengan menyesuaikan keadaan yang ada. Perubahan dalam berbisnis ini terbawa hingga era pasca pandemi seperti yang terjadi saat ini. Jika ditelisik lebih lanjut, perubahan ini bisa menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk dapat menjangkau konsumen lebih banyak lagi. Salah satunya dalam bentuk penggunaan media online sebagai wadah memasarkan produk.
Hal yang dijumpai di Kelurahan Ngaliyan adalah penggunaan media online berbentuk grup whatsapp yang digunakan warga kelurahan Ngaliyan sebagai pasar online. Ini tentunya menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Di satu sisi, semakin besar konsumen yang dapat dijangkau, disisi lain juga akan bertemu semakin banyak pesaing.
Sehubungan dengan itu, Akbar Ari Ramadan selaku mahasiswa KKN Undip Tim II Tahun 2021/2022 mengenalkan strategi marketing yang tepat untuk memudahkan pelaku UMKM maupun masyarakat yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis dalam memposisikan produk dan target yang disasar oleh produk yang dijual. Strategi marketing mix 4P (product, price, place, promotion) adalah strategi marketing yang berfokus kepada komponen utama dalam memasarkan produk. Penggunaan strategi ini diharapkan dapat mempermudah pelaku UMKM dalam mengidentifikasi produk yang dimiliki sehingga menjadi solusi pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen lebih banyak lagi.
Program pengenalan strategi marketing mix 4P ini dilaksanakan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022 dengan sasaran masyarakat umum yang diwakili ibu-ibu PKK RW X Kelurahan Ngaliyan. Pelaksanaan program ini dilakukan dengan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK berjumlah 10 orang. Selama kegiatan sosialisasi, ibu-ibu PKK RW 10 kelurahan Ngaliyan terlihat antusias dan melontarkan beberapa pertanyaan seputar cara marketing yang tepat sasaran.
“Ternyata banyak juga yang perlu diperhatikan untuk memasarkan produk. Saya jadi lebih mengerti apa yang perlu diperhartikan” tutur Ibu Arti, salah satu pengurus PKK RW 10 Kelurahan Ngaliyan sekaligus pelaku UMKM.
Melalui program pengenalan strategi marketing mix 4P diharapkan dapat menambah wawasan pelaku usaha UMKM dalam memasarkan produk sehingga pelaku UMKM dapat bertahan dan bersaing di pasar yang lebih luas lagi.
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2021/2022
Penulis: Akbar Ari Ramadan (21070119130069)
DPL: Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.
Lokasi KKN: Kelurahan Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang