Tingkatkan Pemasaran! Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Label Produk UMKM yang Menarik kepada Masyarakat Kelurahan Bringin, Semarang

Bringin, Semarang (13/08/2022)- Keberadaan Usaha Miko Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian dari kegiatan ekonomi masyarakat bangsa yang saat ini semakin dikembangkan. Hal ini dikarenakan keberadaan UMKM sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat.

Masyarakat Kelurahan Bringin memiliki beberapa UMKM bisa membantu meningkatkan perekonomian warga setempat. Dengan menghasilkan produk, tentunya masyarakat harus memasarkan produk tersebut dengan baik. Salah satu faktor yang menarik perhatian konsumen yaitu kemasan produk dimana akan mempengaruhi psikologi konsumen agar membeli produk, penggiat UMKM harus menyadari pentingnya desain kemasan produknya.Setelah melakukan koordinasi dengan Ibu RW 06 Kelurahan Bringin, Kota Semarang, ternyata masyarakat Kelurahan Bringin yang mempunyai UMKM belum cukup baik untuk membuat kemasan produk UMKM karena adanya keterbatasan pengetahuan tentang teknologi dimana jika masyarakat ingin membuat suatu desain tentunya harus cukup paham bagaimana membuat desain.

Screenshot-990
Hasil Desain Label Produk UMKM
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Adanya permasalahan tersebut, membuat salah satu mahasiswa dari KKN TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bernama Salma Nisrina dari Prodi Manajemen berinisiatif membuat program “Program Membuat Label Kemasan Produk UMKM yang Menarik untuk Meningkatkan Pemasaran”. Dengan adanya pembuatan label kemasan produk yang menarik, bisa memperbaiki pemasaran, menambah segmen pasar, dan omset pemasaran semakin meningkat sehingga dapat mewujudkan UMKM naik kelas.

3-F58-F0-ED-52-A1-4710-B6-FD-2508124-FD6-F5
Membagikan Hasil Cetak Label Produk UMKM
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Terdapat 11 UMKM di RW 06 Kelurahan Bringin yang membutuhkan desain label produk yang menarik, pada minggu ke-3 dan ke-4 pelaksanaan KKN adalah proses pembuatan labek produk kemasan dan pada tanggal 6 Agustus 2022 membagikan label yang sudah dicetak kepada pada UMKM RW 06. Para penggiat UMKM merasa senang karena label kemasan poduk yang dibuat sangat menarik, dengan adanya desain yang menarik diharapkan bisa menjadi perhatian konsumen UMKM.

Penulis: Salma Nisrina (12010119140296), Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, KKN Tim II Undip Tahun Ajaran 2022

Editor: Yanuar Yoga P., S.Hum., M.Hum.

Lokasi: Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *