WOW! Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM Desa Donorati

Nur-digital-marketing-2-1

Donorati, Purworejo (13/02/2022). Marketing atau pemasaran ialah salah satu faktor penting yang menentukan perkembangan bisnis. Tidak ada keraguan bahwa setiap bisnis memerlukan marketing yang baik dan tepat untuk memasuki pasar dan meningkatkan konversi keuntungan yang diinginkan. Dalam hal ini, cara marketing yang sebaiknya dipakai saat ini haruslah beradaptasi dengan trend dan kebiasaan yang berkembang di masyarakat. Itulah sebabnya, pemilik usaha di bidang apa pun harus memahami berbagai teknik pemasaran, terutama memahami tentang pemasaran berbasis teknologi digital atau biasa disebut digital marketing.

Pada zaman sekarang ini, dimana teknologi internet sudah semakin maju, tentu saja aktivitas pemasaran perlu lebih memanfaatkan teknologi internet yang lebih efisien dan menjangkau luas. Hal ini dikarenakan hampir semua orang di seluruh dunia, khususnya Indonesia tidak pernah lepas dari gadget atau teknologi terkini yang terhubung ke internet. Untuk itu, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, mahasiswa KKN UNDIP yang bernama Nur Ramidah selaku Mahasiswa S1-Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponergoro menyelenggarakan program monodisiplin yaitu “Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM” sebagai upaya memperkenalkan pemasaran yang lebih modern dan bisa menjangkau konsumen secara lebih luas menggunakan teknologi internet.

Mahasiswa KKN menyelenggarkan sosialisasi selama 2 hari yaitu pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 dan Senin 1 Agustus 2022. Pada 30 Juli 2022, mahasiswa KKN menyelenggarakan sosialisasi secara door to door kepada pelaku UMKM yang ada di desa Donorati yaitu UMKM Gula Jawa. Kemudian pada 1 Agustus 2022, mahasiswa KKN menyelenggarakan sosialisasi kepada 2 pelaku UMKM yang berbeda yaitu UMKM Keripik Kimpul dan UMKM Besek. Pelaksanaan sosialisasi diisi dengan penyampaian materi mengenai digital marketing serta pemanfaatan teknologi digital yang dalam hal ini penggunaan aplikasi Shopee sebagai media untuk pemasaran digital produk UMKM untuk dapat go online. Sosialisasi tersebut ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran berbisnis online bagi pelaku UMKM yang ada di desa Donorati serta memperkenalkan pemasaran yang lebih modern dan bisa menjangkau konsumen secara lebih luas menggunakan teknologi internet. Selain melakukan sosialisasi, mahasiswa juga memberikan leaflet bagi pelaku UMKM. Leaflet ini berisikan tentang ringkasan materi yang telah disampaikan ke pelaku UMKM di Desa Donorati yang berisi informasi tentang penerapan digital marketing oleh UMKM sebagai upaya meningkatkan penjualan, dan informasi lain yang bermanfaat dan harapannya leaflet tersebut dapat menjadi media belajar pelaku UMKM dalam mengenal tentang digital marketing.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-10-24-29-PM

pemberian leaflet kepada pelaku UMKM

IMG-20220730-093703

pemberian leaflet kepada pelaku UMKM

Dengan adanya sosialisasi digital marketing ini, diharapkan dapat membantu pemilik UMKM yang ada di desa Donorati untuk berinovasi dalam pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Sosialisasi ini juga diharapkan dapat memudahkan pelaku UMKM untuk memperluas target pasar mereka sehingga akan banyak masyarakat yang tahu akan produk tersebut dan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM tersebut.

“Ilmu yang sangat bermanfaat, akhinya saya bisa mengetahui bagaimana caranya berjualan online di Shopee.” Tutur Bu Endah selaku pemilik UMKM Besek.

Penulis : Nur Ramidah
KKN Tim II Universitas Diponegoro
DPL : Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom, M.I.Kom
Lokasi KKN : Desa Donorati, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo