Mahasiswa KKN Undip Kembangkan Etika dan Motivasi Belajar Pada Siswa SD

Sosialisasi-dan-Pendampingan-Bagi-Siswa-SD

Purworejo (4/8). Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2021/2022 menyelenggarakan sosialisasi dan pendampingan untuk mengembangkan etika dan motivasi belajar. Sosialisasi dan pendampingan ini diselenggarakan bagi siswa kelas I dan II SD Negeri Donorati, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, tanggal 23 & 25 Juli, dan 4 Agustus 2022 pukul 07.30-10.00 WIB.

Kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini dilaksanakan selama dua tahap. Tahap pertama yaitu sosialisasi yang dilaksanakan pada Sabtu, 23 Juli 2022 dan Senin, 25 Juli 2022 di ruang kelas I dan II SD Negeri Donorati. Pada sosialisasi dilakukan pemaparan materi kepada siswa tentang pengajaran etika dan motivasi belajar yang disampaikan menggunakan penayangan video animasi dan power point. Kegiatan sosialisasi juga diisi dengan penerapan program token ekonomi dimana siswa diberitahu beberapa indikator perilaku yang perlu dilakukan. Jika siswa berhasil menerapkan indikator perilaku tersebut maka siswa akan mendapatkan hadiah berupa stiker bintang dan stiker daun yang akan ditempelkan pada alat peraga berupa papan bintang.

Tahap kedua yaitu pendampingan yang dilaksanakan pada Kamis, 4 Agustus 2022. Serupa dengan kegiatan sosialisasi, kegiatan pendampingan dilakukan dengan menerapkan kembali program yang sebelumnya telah dilakukan pada saat sosialisasi kepada siswa. Mahasiswa KKN mendampingi proses pelaksanaan dan memastikan program berjalan dengan lancar. Program pembentukan perilaku berupa pengembangan etika dan motivasi belajar ini didukung dengan beberapa alat peraga berupa buku panduan bagi guru, buku saku siswa, dan papan bintang.

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh 36 siswa kelas I dan II dan wali kelas. Melalui program ini, siswa antusias untuk mendapatkan reward dan berusaha untuk menunjuukan perilaku yang diharapkan selama proses belajar mengajar berlangsung. Seperti kita ketahui, pengajaran mengenai etika penting untuk dilakukan agar menciptakan pemuda yang berbudi luhur. Begitupun dengan etika, motivasi terutama motivasi belajar juga penting untuk digalakkan agar siswa-siswa memiliki semangat juang dan pantang menyerah dalam mengenyam pendidikan. Pengajaran etika dan motivasi belajar perlu dilakukan sejak dini di semua lingkungan tempat anak tumbuh dan berkembang, salah satunya di lingkungan sekolah.

Sosialisasi dan pendampingan untuk mengembangkan etika dan motivasi belajar ini berawal dari kebutuhan pihak sekolah yang menyatakan bahwa etika dan motivasi belajar siswa masih rendah sehingga perlu inovasi untuk mengembangkannya. Program ini hadir untuk membantu mengondisikan siswa selama proses pembelajaran di kelas, membiasakan siswa untuk berperilaku dengan mengedepankan sopan santun, dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

Melalui program ini harapannya siswa SD dapat lebih memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai sopan santun dan pengajaran etika lainnya serta memiliki motivasi belajar yang tinggi. Selain itu, harapannya program kerja ini kedepannya dapat selalu berjalan dan dapat menjadi inovasi baru bagi guru dalam memberikan pengajaran di kelas. Program sosialisasi dan pendampingan berbasis intervensi psikologi dalam membentuk perilaku ini semoga dapat diterapkan tidak hanya di SD Negeri Donorati saja, namun juga dapat diterapkan di sekolah-sekolah lainnya.

Penulis : Hidayatun Nur’Aini-Program Studi Psikologi
Dosen Pembimbing Lapangan : Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom., M.I.Kom
Lokasi KKN : Desa Donorati, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.