Menarik! Mahasiswa KKN Undip Bantu Tingkatkan Branding Produk UMKM Keripik Kimpul melalui Sosialisasi serta Pembuatan Label Kemasan

Donorati, Purworejo (13/02/2022). Bagi sebuah bisnis, label kemasan produk ialah sebuah elemen penting dalam branding produk. Suatu produk yang memiliki sticker label pada kemasannya akan lebih mudah untuk dikenali di pasaran. Selain itu, sticker label pada kemasan produk juga dapat mempengaruhi perilaku seorang konsumen dalam membeli suatu produk tertentu. Oleh karena itu, penerapan label produk merupakan salah satu hal yang penting agar dapat memberikan kesan yang menarik pada produk dengan menggunakan label kemasan yang unik dan informatif.

Namun dalam hal ini, masih banyak pelaku UMKM di Indonesia yang masih belum sadar akan pentingnya branding produk melalui label kemasan. Hal tersebut tak lepas dari ketidaktahuan pelaku UMKM tersebut akan pentingnya branding produk serta ketidakmampuan pelaku UMKM dalam hal mendesain label produk. Padahal sejatinya, label produk merupakan identitas produk yang menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh pelaku UMKM.

Menyikapi hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP yang bernama Nur Ramidah selaku Mahasiswa S1-Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponergoro terjun langsung ke masyarakat khususnya kepada pelaku UMKM yang ada di desa Donorati yaitu UMKM Keripik Kimpul untuk mengadakan sosialisasi terkait branding produk serta pembuatan desain label untuk produk keripik kimpul yang di produksi oleh Bu Muji selaku pemilik UMKM Keripik Kimpul.

Nur-Branding-produk-2-1

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Senin, 1 Agustus 2022. Kegiatan pertama dilakukan dengan pelaksanaan sosialisasi mengenai mengenai pentingnya branding produk melalui label kemasan bagi pelaku UMKM. Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan pembuatan desain label kemasan. Sebelum membuat desain label kemasan, terlebih dahulu mahasiswa berdiskusi dan menanyakan kepada Bu Muji selaku pemilik UMKM Keripik kimpul terkait bentuk, warna, dan informasi apa saja yang akan ditampilkan dan diaplikasikan ke dalam desain kemasan produk. Pembuatan desain label kemasan cukup cepat karena menggunakan aplikasi Canva yang mana aplikasi tersebut cukup mudah dalam pengoperasiannya. Setelah desain kemasan sudah selesai dibuat, selanjutnya mahasiswa KKN mencetak desain label kemasan yang sudah jadi tersebut dan memberikannya kepada pelaku UMKM Keripik Kimpul. Label kemasan tersebut juga diberikan dalam bentuk soft file agar pelaku UMKM dapat menggandakan label tersebut secara mandiri. Selain melakukan sosialisasi dan pembuatan label kemasan, mahasiswa juga memberikan leaflet. Leaflet ini berisikan ringkasan materi yang telah disampaikan yang berisi tentang pentingnya penerapan branding produk oleh UMKM dan informasi lain yang bermanfaat dan harapannya leaflet tersebut dapat menjadi media belajar pelaku UMKM dalam mengenal tentang branding produk.

label-keripik-kimpul

Label kemasan keripik kimpul yang sudah jadi

Dengan adanya sosialisasi branding produk serta pembuatan label kemasan ini, diharapkan dapat membantu UMKM tersebut agar menjadi lebih maju kedepannya dan dapat dikenal lebih luas. Dan dengan adanya label kemasan yang menarik, harapannya dapat menjadi langkah awal branding yang baik bagi UMKM Keripik Kimpul dan meningkatkan brand image (citra merek) dari produk tersebut sehingga dapat lebih menarik konsumen untuk membeli dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-8-40-13-AM

pemberian sticker label kemasan yang sudah jadi

Whats-App-Image-2022-08-13-at-9-03-42-AM-1

label kemasan yang sudah ditempelkan

“Terima kasih kepada mahasiswa KKN Undip yang sudah membantu saya membuat desain label kemasan. Akhirnya produk saya punya label kemasan sendiri dan semoga produk saya bisa makin dikenal luas oleh masyarakat.” Tutur Bu Muji selaku pemilik UMKM Keripik Kimpul.

Penulis : Nur Ramidah, S1-Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro
KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022
DPL : Arifa Rachma Febriyani, S.I.Kom, M.I.Kom
Lokasi KKN : Desa Donorati, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo