Lebih Efektif dan Efisien! Mahasiswa KKN Undip Beri Pengenalan Manajemen Waktu pada Bank Sampah Berkah Desa Begawat

Whats-App-Image-2022-08-11-at-22-53-25-1

Untuk memenuhi setiap rencana atau tugas, keputusan untuk manajemen waktu sangat dibutuhkan, dari beberapa menit, hingga beberapa tahun. Maka dari itu, hal khusus dalam sebuah perencanaan adalah manajemen waktu. Waktu adalah salah satu sumber daya yang tidak bisa direproduksi dan tidak dapat diambil alih. Manajemen waktu merupakan soft skill yang paling digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan manajemen waktu, seseorang dapat meningkatkan produktivitasnya sehingga tujuan juga dapat dicapai.

Karyawan ataupun pegawai juga perlu tahu tentang ini agar tugas dan tujuan mereka dapat tercapai. Bank Sampah Berkah Begawat Salah satu lembaga masyarakat di Desa Begawat yang pengurusnya membutuhkan softskill Manajemen Waktu. Bank Sampah Berkah adalah sebuah lembaga masyarakat di Desa Begawat yang bergerak di bidang lingkungan, yaitu dengan mengumpulkan sampah dan menjadikannya tabungan bagi masyarakat desa.

Whats-App-Image-2022-08-11-at-22-53-25

Kami mahasiswa UNDIP yang sedang melakukan KKN di Desa Begawat melihat bahwa pengurus Bank Sampah Berkah kurang paham tentang softskill Manajemen Waktu ini. Agenda Bank Sampah Begawat cenderung belum efektif dan efisien karena belum mengerti manajemen waktu ini. Kami menginginkan Bank Sampah Berkah untuk mengerti bahwa waktu sangatlah berharga dan penting untuk bisa mengatur waktu. Maka dari itu kami menyelenggarakan kegiatan sosialisasi mengenai Manajemen Waktu ini.

Kami melaksanakan kegiatan sosialisasi ini pada tanggal 28 Juli 2022. Dalam sosialisasi ini, kami menyampaikan materi Manajemen Waktu kepada beberapa pengurus Bank Sampah Berkah. Jumlah pengurus yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 20 orang. Kegiatan sosialisasi Pengenalan Manajemen Waktu pada Bank Sampah agar Lebih Efektif dan Efisien yang diselenggarakan oleh Irvan Dani dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis dilaksanakan di sekretariat bank sampah menggunakan media poster sebagai sarana penyampaian informasi, agar para agenda dan kegiatan Bank Sampah semakin teratur, efektif, dan efisien.

Penulis: Irvan Dani (Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

DPL: Solikhin, S.Si, M.Sc

Lokasi KKN: Desa Begawat, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal