Ikuti Perkembangan di Era Digital, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Digital Marketing Melalui Media Sosial

1

Semarang (13/08/2022) Pada era saat ini dunia bisnis berkembang dengan pesat, hal tersebut diiringi dengan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Masyarakat perlu mengikuti perkembangan teknologi di era digital saat ini, untuk itu masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dan terus melakukan inovasi, karena hal ini akan berhubungan dengan berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek ekonomi. Munculnya Pandemi COVID-19 pada tahun 2020 lalu, membuat kegiatan masyarakat dari yang semula offline berubah menjadi online. Terlebih tidak sedikit masyarakat yang terkena dampak akibat pandemi tersebut, salah satunya adalah perekonomian yang menurun dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal ini membuat sebagaian besar masyarakat mulai membuka usaha kecil-kecil an di area rumahnya.

Di era globalisasi saat ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan melalui online, salah satunya adalah berbisnis. Untuk itu, para pelaku UMKM harus berkembang dan mengikuti perkembangan zaman untuk keberlanjutan usahanya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan digital marketing. Pemanfaatan digital marketing melalui media sosial sangat membantu para pelaku UMKM untuk dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan tanpa harus bertemu, digital marketing juga dapat menarik konsumen dengan cepat, dan memperluas pangsa pasar. Hal ini dikarenakan penggunaan media Sosial sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

2-fix

Berdasarkan hal tersebut, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Dionegoro 2022 memberikan edukasi mengenai digital marketing melalui penggunaan media sosial salah satunya adalah Instagram kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Kalibanteng Kidul. Dalam rangka mewujudkan UMKM berbasis digital, maka diadakannya edukasi kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Kalibanteng Kidul yaitu UMKM Alya’s Collection yang menjual berbagai macam produk pakaian dan celana dan UMKM Sri Rejeki Snack yang menjual berbagai macam produk snack. Pemilihan kedua UMKM tersebut dikarenakan kurangnya melakukan promosi dan belum memiliki akun media sosial Instagram, sehingga perlu diberikan edukasi dan pendampingan dalam pembuatan media sosial Instagram.

Penyuluhan ini dilakukan secara door to door dan menggunakan media power point dalam penyampaian materi digital marketing. Mahasiwa KKN menjelaskan berbagai fitur yang tersedia di Instagram dan dilanjut dengan pembuatann akun media sosial Instagram. Para pelaku UMKM antusias dengan sosialisasi yang diberikan, sehingga dalam hal ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat membuat strategi baru dengan menggunakan pemasaran berbasis digital yang sedang digandrungi dan memaksimalkan media sosial sebagai platform pomosi usahanya.

Pelaksanaan program ini berkaitan dengan tema KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 yaitu “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s”. Untuk itu, pelaksanaan program ini sesuai dengan point SDG’s nomor 8 yaitu “pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi”. Dalam hal ini, program kerja yang dijalankan bertujuan agar masyarakat mendapatkan pekerjaan yang layak dan produktif secara bebas, adil, aman, dan bermartabat, sehingga hal tersebut akan meningkatkan petumbuhan ekonomi.

Ajeng Shakila Zahra (Administrasi Bisnis/UNDIP)
Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Suroto, M.Kes
Lokasi KKN : Kelurahan Kalibanteng Kidul, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang