TUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR! MENGHITUNG CEPAT DAN EFEKTIF ANAK SD KELAS 2


Mengajar Pertambahan Puluhan dan Ratusan Kelas 2 SD Lamper Tengah 02
Lamper Tengah, Semarang (14/07/2022). Dalam meningkatkan pendidikan anak kelas 2 SD dalam masa pandemi ini, sering mengalami beberapa kendala dalam mengajar dikarenakan perhitungan dasar anak yang mengalami kesulitan karena adanya sekolah secara daring yang bisa dikatakan kita tidak bisa mengontrol anak apakah memperhatikan dengan sungguh atau hanya sekedar saja.

Masa sekolah sudah mulai berjalan secara offline seperti biasa, anak kelas 2 SD yang sebelumnya hanya anak TK pada akhir sekolah offlinenya sekarang masuk lagi secara offline dan sudah menduduki kelas 2 SD. Keterkejutan anak tersebut membuat mereka sulit mengerti pelajaran dan membuat anak terlambat dalam pembelajaran tersebut.

Dengan itu, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP, prodi Statistika, Imanuella Arkadia dengan dosen pembimbing ibu Rosyida, S.P., M.Sc memanfaatkan momen ini untuk membuat program yaitu memberikan cara cepat atau efektif berhitung puluhan dan ratusan kepada anak kelas 2 SD Lamper Tengah 02, kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Adapun program yang dilakukan yaitu, dengan terjun langsung ke lapangan yaitu SD Lamper Tengah 02. Dengan mengajar langsung kepada anak kelas 2 SD tentang cara cepat berhitung puluhan dan ratusan. Memberikan mereka cara dengan tetap melakukan ekspresi dan gerakan yaitu dengan bantuan alat berupa “sedotan”. Dengan sedotan inilah yang awalnya membuat ketertarikan akan belajar anak sehingga anak merasa senang dan gebira dalam belajar.

Adanya suasana awal yang baik, maka dari itu dilanjutkan dengan soal-soal yang menantang otak anak agar semakin mengingat tentang apa yang diajarkan. Setelah dilakukannya uji berupa soal-soal, ada beberapa murid yang mungkin tidak dapat menjawab semua soal yang ada. Maka dari itu disinilah kami memperkenalkan cara efektif dan cepat dalam menghitung puluhan dan ratusan untuk mereka.

Perhitungan yang harus kita lakukan yaitu perhitungan secara mendatar, dikarenakan perhitungan tersebut yang cukup dikatan sulit untuk dicerana anak SD. Maka, cara cepatnya yaitu tambahkan dahulu satuan dengan satuan dan kemudian ratusan dengan ratusan dan kita akan mendapatkan langsung hasil yang benar secara efektif. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan melalui poster yang telah saya buat dan berikan kemudian saya tempel di kelas 2 SD Lamper Tengah 02.

Cara Cepat Pertambahan Puluhan dan Ratusan