Optimalkan Layanan Publik, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Bantu Pelayanan Harian di Kantor Desa Pranggang
Pranggang, (13/08)—Seiring bertambahnya jumlah penduduk, kegiatan pelayanan juga akan semakin dibutuhkan jika mengingat segala kegiatan penduduk akan memerlukan dokumen yang diperoleh dari kegiatan pelayanan. Pelayanan publik yang berkualitas juga akan memenuhi ekspektasi masyarakat terhadap kinerja aparat pemerintahan. Pun dengan para aparat di Desa Pranggang yang terus berupaya memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.
Untuk mengoptimalkannya, mahasiswa KKN Tim II UNDIP kemudian membantu dengan mengikuti kegiatan pelayanan harian di Kantor Desa agar proses pelayanan semakin cepat. Kegiatan ini dilakukan oleh 2 mahasiswa setiap harinya secara bergiliran, mulai tanggal 11 Juli 2022 hingga 12 Agustus 2022. Dalam pelaksanaannya mahasiswa membantu pelayanan secara administrasi, yang mencakup pembuatan surat-surat keterangan hingga registrasi harian berbagai jenis pelayanan.
Tidak hanya dalam lingkup surat menyurat, mahasiswa juga membantu seluruh kegiatan yang diadakan oleh Desa Pranggan selama masa KKN berlangsung. Mahasiswa juga sempat mengikuti kegiatan Musyawarah Desa untuk membahas RPJMDes. Secara tidak langsung, melalui kegiatan ini mahasiswa akan mengetahui permasalahan dan kebutuhan nyata masyarakat yang nantinya akan menjadi acuan dalam perumusan pembangunan.
Selain membantu memberikan pelayanan mahasiswa juga memberikan poster yang persyaratan pelayanan, melihat selama ini masyarakat seringkali kurang melengkapi dokumen persyaratan dan akhirnya menyebabkan terhambatnya proses pelayanan. Melalui poster ini diharapkan masyarakat akan lebih mudah memahami dokumen persyaratan apa saja yang diperlukan untuk memperoleh pelayanan.
Penulis : Yasinta Rizha Ayu Widoretno
DPL : Rabith Jihan Amaruli, S.S., M.Hum.
Lokasi : Desa Pranggang, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri