Pentingnya Konten Marketing Bagi UMKM Melalui Instagram

Salatiga (08/08/2022) Usaha mikro kecil dan menengah atau yang biasa disebut UMKM turut berkontribusi dalam perekonomian negara. Banyaknya UMKM yang tersebar di seluruh penjuru negeri telah ikut membantu perekonomian negara yaitu memperluas lapangan kerja yang dalam hal ini dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-10-31-32

Dalam menyambut era yang serba digital ini pemasaran melalui sosial media merupakan salah satu cara untuk memperluas pemasaran yang paling efektif. Salah satu media sosial saat ini yang sering digunakan dalam memasarkan suatu produk adalah instagram. Instagram marketing menjadi pilihan banyak pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan. Terlebih bagi bisnis berskala kecil, Instagram menjadi opsi strategi pemasaran karena tidak membutuhkan biaya besar untuk memasang iklan.
Dalam permasalahan ini masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan instagram marketing untuk mengiklankan produk mereka. Padahal penggunaan instagram marketing ini tidak membutuhkan biaya besar sehingga dapat menekan pengeluaran UMKM tersebut. Dibandingkan dengan mengeluarkan biaya untuk iklan, penggunaan instagram marketing dinilai lebih efektif dan hemat biaya.
Berdasarkan situasi tersebut, salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Muhammad Octo Arzaq Alfadholi berinisiatif untuk melaksanakan program kerja KKN berupa sosialisasi mengenai Strategi konten marketing bagi para pelaku UMKM.
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Senin (08/08/2022) dengan cara door to door. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKM Tim II Undip menghampiri pelaku UMKM di sekitar Tegalsari, Kelurahan Mamgunsari dengan menggunakan metode penyampaian secara lisan, menggunakan brosur, dan poster tentang strategi instagram marketing bagi para pelaku UMKM.
Sosialisasi ini bertujuan agar pelaku UMKM di sekitar Tegalsari dapat memaksimalkan penggunaan instagram marketing. Karena penggunaan instagram marketing dapat mempermudah pengiklanan produk dengan biayq yang murah.
Output dari kegiatan ini diharapkan pelaku UMKM mulai memyadari dan tertarik untuk menerapkan metode pengiklanan melalui instagram marketing pada UMKM mereka.

Oleh : Muhammad Octo Arzaq Alfadholi (Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis KKN TIM II UNDIP Tahun 2022)
Dosen Pembimbing Lapangan : Naintina Lisnawati S.K.M., M. Gizi.