Tumbuhkan Pengetahuan Masyarakat akan Aplikasi Lapor Hendi, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP adakan Sosialisasi Lapor Hendi sebagai bentuk pelayanan publik berbasis online di Kota Semarang

1-16
02
register mirc gratis

Cabean (12/7) – Industri, inovasi dan infrastruktur merupakan bagian penting dalam agenda Sustainable Development Goals poin 9. Hal ini berbanding lurus dengan upaya pemerintrah untuk terus menyiapkan diri menjadi negara maju pada 2045. Namun, upaya untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah. Banyak tentangan yang harus dilalui dalam proses penyelenggaraan pelayanan dan pembangunan di Tanah air.
Dalam penyelenggaraan pelayanan pembangunan yang diberikan kepada masyarakat dapat ditemukan adanya pelayanan yang masih terabaikan. Permasalahan lainnya yang dapat dirasakan adalah tidak adanya ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan keluhan maupun aspirasi yang mereka rasakan. Dimana pada akhirnya hal tersebut akan berimbas pada berkurangnya rasa kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Di Kota Semarang, upaya untuk menjawab permasalahan diatas dilakukan dengan mewujudkan inovasi pembangunan yang dapat terlihat melalui peluncuran inovasi bertajuk aplikasi Layanan Pengaduan dan Aspirasi Online Rakyat (LAPOR) HENDI. Aplikasi ini merupakan wadah yang menjembatani masyarakat dengan pemerintah melalui fitur pengaduan maupun aspirasi di dalamnya. Adapun yang menjadi dasar hukum peluncuran aplikasi ini adalah Peraturan Walikota Semarang Nomor 34 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Tentang Pelayanan Publik. Salah satu permasalahan yang terdapat di Kota Semarang adalah permasalahan sosial yang dibuktikan dengan banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang juga meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan hingga pertengahan 2021 tercatat 83 aduan yang diterima.

01
download foto anonymous
03

Oleh karena itu, pada 12 Juli 2022 lalu Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021/2022 memperkenalkan Aplikasi Lapor Hendi kepada masyarakat RT 08/ RW 01 Kelurahan Cabean, Kecamatan Semarang Barat melalui kegiatan sosialisasi mengenai cara menggunakan aplikasi sesuai dengan SOP yang berlaku. Tujuan dilakukannya sosialisasi ini adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui mekanisme pengaduan online yang baik dan benar. Dalam mempermudah sosialisasi digunakan pula media poster untuk kemudian ditempel pada Majalah Dinding yang tersedia di RW 01. Kegiatan sosialisasi dilakukan secara door to door ke rumah-rumah masyarakat yang ada di sekitar RT 08. Adapun dalam pelaksanaannya, banyak masyarakat yang belum sepenuhnya mengetahui bahkan mendengar istilah Lapor Hendi. Namun demikian tidak sedikit pula masyarakat yang antusias dalam kegiatan sosialisasi Aplikasi Lapor Hendi.

Dilakukannya sosialisasi Lapor Hendi diharapkan dapat meningkatkan inovasi dalam rangka perwujudan e-government, infrastrukur yang merata, serta yang terpenting dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan penyelenggaraan pelayanan publik sebagai informasi serta evaluasi kinerja Pemerintah Kota Semarang.

Penulis : Vierona Situmeang
Dosen Pembimbing : Dr. Drs Suroto., M.Kes.
Lokasi KKN : RT 08/ RW 01 (Jl. Puspanjolo Timur IV), Kelurahan Cabean, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50141.