UMKM Lokal Siap Tembus Pasar Global! Mahasiswa KKN Tim II Undip Dorong UMKM Lamper Kidul Promosikan Produk di Media Sosial

Foto bersama UMKM Kelurahan Lamper Kidul

SEMARANG (27/07/2022) – Pesatnya arus globalisasi telah membawa dampak pada peningkatan teknologi informasi dan digitalisasi pada seluruh sektor kehidupan masyarakat. Dalam dunia usaha, peningkatan teknologi digital yang sangat pesat medorong peningkatan penggunaan media sosial oleh para pelaku usahan sebagai sarana untuk mempromosikan produk mereka. Kegiatan promosi atau pemasaran di media sosial ini juga didukung oleh pemerintah, salah satu bentuk dukungan pemerintah yaitu dengan membuat regulasi terkait pemasaran online. Beberapa contoh regulasi tersebut diantaranya Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Adapun tujuan dibuatnya regulasi tersebut yaitu untuk melindungi hak-hak konsumen dan menegakkan kewajiban pelaku usaha dalam memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur tentang produk yang dipromosikan.

Akan tetapi, para pelaku UMKM di Kelurahan Lamper Kidul sudah terbiasa dan nyaman melakukan promosi dengan cara konvensional, yaitu promosi offline yang dilakukan dari mulut ke mulut. Selain itu, dikarenakan mayoritas pelaku UMKM adalah ibu-ibu rumah tangga, maka terdapat keterbatasan pengetahuan tentang teknologi masa kini. Hal tersebut membuat para pelaku UMKM tidak memiliki antusias untuk memperluas pasarnya dengan cara melakukan promosi melalui media sosial.

Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro membuat suatu program dengan tema “Sosialisasi Guna Meningkatkan Pengunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi”. Program ini ditujukan kepada seluruh pelaku UMKM di Kelurahan Lamper Kidul. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan edukasi terkait jenis-jenis media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana promosi, regulasi terkait pemasaran atau promosi melalui sosial media, manfaat penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, serta cara melakukan promosi yang menarik di media sosial guna menarik minat calon pembeli untuk membeli produk yang dihasilkan oleh UMKM di Lamper Kidul.

Sosialisasi Pemberdayaan UMKM

Sosialisasi pemberdayaan UMKM ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2022 di Balai Kelurahan Lamper Kidul. Pada sosialisasi ini, mahasiswa KKN yang bernama Tyas Ayu Puspitaningrum dari Program Studi Administrasi Publik mamaparkan materi terkait jenis-jenis media sosial yang dapat digunakan sebagai sarana promosi, manfaat menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, regulasi yang mengatur tentang promosi melalui media elektronik, serta cara untuk melakukan promosi yang menarik di media sosial melalui penayangan video. Selain itu juga dipasang beberapa poster pada tempat-tempat strategis di Balai Kelurahan Lamper Kidul sebagai media pengingat bagi para pelaku UMKM Lamper Kidul terkait materi sosialisasi yang telah dipaparkan.

Pemasangan Poster di Balai Kelurahan Lamper Kidul

Program ini berjalan dengan baik, dapat dilihat dari respon dan antusias pelaku UMKM dalam menyimak pemaparan materi dan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi diskusi. Para pelaku UMKM di Lamper Kidul tersebut juga sangat antusias untuk menerapkan promosi melalui media sosial, terutama promosi menggunakan video komedi seperti yang dicontohkan dalam penayangan video. Menurut mereka promosi menggunakan video dengan diselingi komedi adalah ide yang sangat bagus dan tidak membosankan sehingga memiliki peluang lebih tinggi dalam menarik minat calon pembeli.

Penulis : Tyas Ayu Puspitaningrum – 14020119130054
Prodi/Fakultas : Administrasi Publik/Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
DPL : Muhammad Arief Zuliyan S.IP., LL.M.
Lokasi : Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang
KKN TIM II 2021/2022 UNIVERSITAS DIPONEGORO