INSPIRATIF!!!! BEGINI MAHASISWA KKN UNDIP MELAKUKAN PELATIHAN PENCEGAHAN BERITA HOAX KEPADA IBU-IBU PKK PAGILARAN DI DESA KETELENG 

IMG-20220813-WA0072

BATANG (04/08/2022) – Seiring dengan perkembangan zaman yang mana dibarengi dengan semakin majunya teknologi dalam hal ini berpengaruh juga dengan aktivitas manusia yang dimudahkan dengan adanya teknologi tersebut. Salah satu contoh adanya handphone yang mana memudahkan manusia untuk melakukan interaksi secara tidak langsung. Kemajuan teknologi ini, memudahkan manusia untuk mendapatkan informasi-informasi dari berbagai penjuru dengan sangat mudah dengan menggunakan internet atau sosial media. 

Tetapi informasi-informasi yang didapat tidak sepenuhnya benar, banyak dari berbagai situs di internet yang memberikan informasi secara tidak benar. Tidak hanya dari internet saja tetapi juga dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita bohong atau tidak benar. Berita bohong atau tidak benar ini disebut juga dengan Hoax.

Dengan melihat kondisi tersebut, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan pelatihan mengenai pencegahan berita hoax kepada Ibu-Ibu PKK Pagilaran Desa Keteleng. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2022 tepatnya di Rt 11 Rw 3 Dukuh Pagilaran Desa Keteleng.

IMG-20220813-WA0074

Hoax merupakan berita bohong atau informasi tidak benar tetapi seolah-olah benar adanya.  Di Indonesia terdapat Undang-Undang yang mengatur mengenai Hoax beserta sanksinya. Pada Pasal 28 UU ITE yang berbunyi  (1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik. 

(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Pada pelaksanaan kegiataan tersebut diberikan pelatihan mengenai pengertian hoax, ciri-ciri berita hoax, cara menghindari berita hoax, pengecekan berita hoax, dan pelaporan berita hoax. Cara pengecekan berita hoax dan pelaporan berita ini diakses melalui website cekfakta.com. berikut pelatihan yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro: 

Langkah-langkah pengecekan berita hoax: 

1. Buka website cekfakta.com 

2. Ketik berita yang telah diterima/didapatkan pada kolom paling atas.

3. Kemudian klik cari. Nanti akan muncul berita tersebut hoax atau tidak. 

Selanjutnya langkah-langkah dalam melaporkan berita hoax:

1. Klik laporkan hoax

2. Mengisi identitas (nama, email) 

3. Mengisi kolom yang tersedia (copas berita yang telah didapat jangan ada 1 kata yang diganti/diubah)

4. Kirimkan hasil screenshot berita yang didapatkan

5. Klik kirim. 

Dalam berlangsungnya kegiatan ibu-ibu PPK Dukuh Pagilaran sangatlah berantusias, ada salah satu dari anggota PKK yang mengajukan pertanyaan sebagai berikut ” bagaimana jika penyebar hoax tersebut orang 1 desa? Apa yang harus dilakukan?” Kemudian salah satu mahasiswa pun menjawab “alangkah baiknya ditegur terlebih dahulu, diselesaikan secara kekeluargaan” (ujar lina). 

Setelah sesi jawab jinawab tersebut pelatihan sudah berakhir. Para anggota PKK Dukuh Pagilaran Desa Keteleng mengucapkan terimakasih dikarenakan telah memberikan pelatihan mengenai pecegahan berita hoax, dikarenakan jarang ada pelatihan mengenai pencegahan berita hoax. 

Nama : Sulina Setia Wardani
NIM : 11000119120124
Jurusan : Ilmu Hukum
DOSEN PEMBIMBING : dr Dodik Pramono, M.Si., Med
LOKASI : Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah