Mahasiswa KKN Undip Bantu UMKM RW 7 Mugassari Menggunakan TikTok untuk Alat Promosi Produknya
Di era modern ini, teknologi berkembang sangat pesat. Hal ini memberikan banyak dampak bagi kehidupan manusia. Keberadaan teknologi sangat membantu dalam mempermudah kehidupan masyarakat terutama kemajuan teknologi dibidang internet. Keberadaan internet sangat membantu seseorang karena memudahkannya memperoleh informasi, mempercepat aktivitasnya dan menciptakan ruang bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, juga mempengaruhi manusia. Beragam aktivitas bisnis, mulai dari pelaku usaha kecil hingga pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) hingga pengusaha sukses, semuanya berlomba-lomba memanfaatkan perkembangan internet untuk mendukung usahanya. Salah satu alasan mengapa internet dan media sosial sebagai media periklanan adalah karena media sosial memungkinkan kami menjangkau orang-orang tanpa batasan waktu dan geografis, sehingga memperoleh pangsa pasar yang lebih besar. Ini jelas sangat menguntungkan dari sudut pandang bisnis. Semakin banyak orang memanfaatkan Internet dan media sosial sebagai peluang bisnis, dan penggunaannya semakin nyata. Semakin banyak inovasi media sosial seperti Facebook, Twitter dan Youtube.
Pada tahun 2020, TikTok adalah platform media sosial yang dicintai oleh remaja dan orang dewasa. TikTok sebenarnya sudah ada sebelum tahun 2020, namun tahun ini meningkat.Menurut data statistik, pengguna TikTok di Indonesia mencapai 30,7 juta, menjadikannya sebagai pengguna TikTok kategori tertinggi keempat di dunia. Indonesia menempati urutan kedua setelah Brasil (Katadata, 2020). Bahkan di masa pandemi ini, jumlah pengguna aplikasi TikTok di Indonesia meningkat sekitar 20%. Hal itu diungkapkan Angga Anugrah Putra selaku Hadist dari konten TikTok dan interaksi pengguna dalam video conference, Senin (18/5). (Katadata, 2020). Banyaknya pengguna TikTok di berbagai negara, termasuk Indonesia sendiri, menciptakan peluang dan potensi bisnis bagi sebagian orang. , karena TikTok memiliki fitur menarik dan database yang lengkap. Selain itu, aplikasi TikTok sedang meningkat hari ini, dan UMKM mungkin mendapatkan keuntungan bisnis dari TikTok. Penggunaan TikTok dalam bisnis berubah dari media hiburan menjadi alat strategi bisnis. Berkaitan dengan hal tersebut, Rongers dalam Cangara (2014) menyatakan bahwa strategi komunikasi merupakan salah satu cetak biru yang dikembangkan untuk mengubah perilaku manusia dalam skala yang lebih besar melalui transmisi ide-ide baru. Untuk itu, pilihan-pilihan strategis dalam perencanaan komunikasi harus dibuat dengan hati-hati. Karena akibat salah strategi bisa berakibat fatal terutama kerugian waktu, materi dan tenaga. (Ridho, 2018).
Melihat potensi TikTok yang sangat besar, sangatlah bisa dimanfaatkan untuk menunjang penjualan produk UMKM makanan dan minuman di RW 7 Mugassari. Penulis menginisiasikan adanya video marketing berdurasi 1-3 menit dengan tema “hidden gem di Kota Semarang” yang akan diangkat di TikTok sebagai bentuk promosi. Semoga dengan adanya program ini dapat membuat tingkat awareness penduduk Kota Semarang akan UMKM di RW 7 Kelurahan Mugassari semakin meningkat yang lantas diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan UMKM tersebut.
Penulis: Linggom Bona Anggara
DPL : Rosyida, S.P., M.Sc
Lokasi : Kelurahan Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip