BAZAAR GERAI KOPIMI PEDURUNGAN LOR HADIR KEMBALI

Semarang, 12/08/2022 – Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia mengakibat sector perekonomian Indonesia juga ikut menurun. Salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kelurahan Pedurungan Lor. Oleh karenanya, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) 2021/2022, Muhammad Iqbal Haidar (22), telah membuat sebuah “Program Branding UMKm di Bazaar Kelurahan Pedurungan Lor guna Meningkatkan Partisipasi Masyarakat”, dengan menggunakan media sosial milik kelurahan khususnya Instagram.

Program kerja yang diusung tersebut berupa iklan audiovisual dan berfokus pada branding UMKM yang berada di Kelurahan Pedurungan Lor. Gerai Kopimi (Gerakan Masyarakat Koperasi dan UMKM Semarang Indonesia) adalah salah satu wadah untuk para pelaku UMKM memasarkan produknya. Pada setiap hari Minggu, beberapa UMKM yang berada di Kelurahan Pedurungan Lor mengadakan bazaar sederhana. Berdasarkan hasil observasi dengan Ketua UMKM Pedurungan Lor yaitu Ibu Prima, menyatakan bahwa sudah beberapa waktu kebelakang bazaar mingguan yang diadakan dapat dikatakan sepi pengunjung akibat lonjakan dari kasus Covid-19.

Oleh karena itu, program branding UMKM melalui media sosial milik Kelurahan Pedurungan Lor tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan bagi pemilik UMKM di Kelurahan Pedurungan Lor.

 
Penulis : Muhammad Iqbal Haidar – Ilmu Komunikasi – 14040119130134
DPL : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali,M.Si
Lokasi KKN : Kelurahan Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang