Cegah Stunting, Mahasiswa Universitas Diponegoro Terjun Langsung ke Posyandu

Pondok Kacang Timur, Tangerang Selatan (5/8) – Salah satu program kerja utama Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim II adalah mengedukasi masyarakat mengenai stunting. Stunting merupakan sebuah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga tubuh anak terlalu pendek untuk usianya.

Melalui KKN Undip, Mahasiswa berinisiatif untuk terjun langsung ke Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) yang berada dalam lingkup kelurahan Pondok Kacang Timur. Selama keberjalanan proses KKN, Mahasiswa sudah beberapa kali datang ke Posyandu untuk membagikan flyer terkait pencegahan stunting dan membantu para dokter, perawat, dan para pengurus Posyandu untuk melayani Ibu-Ibu dan anak-anak setempat.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-5-21-54-PM

Dalam flyer yang dibagikan, terdapat beberapa informasi penting mengenai pencegah stunting. Dimulai dari memperhatikan sanitasi, yakni dengan menggunakan air bersih dan sabun untuk mencuci tangan, serta menggunakan jamban yang bersih untuk melakukan buang air. Selain itu, juga terdapat informasi mengenai pola asuh, pola makan, konsumsi tablet tambah darah, pemenuhan gizi selama kehamilan, serta persalinan.

Whats-App-Image-2022-08-07-at-4-10-47-PM

Penulis : Lovisia Eva Karensa
Dosen Pembimbing Lapangan : Muhammad Mu’in, S.Kep., M.Kep., Ns.S (FK)
Lokasi : Kelurahan Pondok Kacang Timur dan Posyandu di sekitarnya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.