Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Alat Alarm Pendeteksi Kebakaran Sederhana Berbasis Sensor Photodiode Sebagai Salah Satu Alat Sekuritas Rumah Tangga

mono-1

Palebon (09/08/2022). Peristiwa kebakaran dapat terjadi dimana saja baik di tempat umum maupun perumahan. Pada umumnya, kebakaran diketahui jika keadaan api sudah mulai membesar atau asap hitam telah mengepul keluar dari bangunan sehingga dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar. Setiap proses kebakaran selalu timbul akibat adanya proses konversi energi dan perubahan material. berdasarkan survey yang didapat, banyak sekali rumah rumah warga yang masih belum memliki alat sekuritas kebakaran dan kondisi rumah-rumah di Daerah Kelurahan Palebon sangat banyak barang elektronik tua dan instalasi yang tidak teratur dan mudah menimbulkan percikan api. penulis melakukan kegiatan dalam pembuatan alarm pendeteksi kebakaran sederhana yang akan diimplementasikan kepada warga RT 2 / RW 11 Kelurahan Palebon.

Alat alarm pendeteksi kebakaran ini dibuat secara sederhana yang menggunakan komponen elektronik seperti baterai sebagai sumber tenaga , transistor, sensor photodiode sebagai sensor terhadap api dalam mendeteksi kebakaran. Pembuatan alat ini tidaklah sulit karena bahan-bahan yang dipakai barang-barang yang mudah dicari dan murah.

a

Setelah pembuatan selesai, penulis memberikan alat tersebut kepada salah satu warga RT 2 / RW 11 Kelurahan Palebon untuk di implementasikan di tempat usaha beliau. Selain memberikan alat, penulis juga menjelaskan tentang pentingnya alat sekuritas kebakaran di rumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Penulis menjelaskan dengan bahasa yang santai dan mempraktekkan cara kerjanya, sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami oleh warga tersebut. Penulis harap masyarakat di daerah kelurahan Palebon, dengan adanya pengenalan alarm kebakaran sederhana ini, agar masyarakat dapat mengantisipasi dan berinovasi dengan salah satu caranya adalah membuat alat alarm kebakaran sederhana.

mono-1a