Sosialisai Pelaku Bisnis (UMKM) Tentang Digital Marketing untuk Pengembangan bisnis dan Meningkatkan Kesejahteraan di Kelurahan Kebonagung Kota Semarang
Kebonagung, Semarang (02/08/2022). Ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang pesat. Oxford Economics Report (2016) menyatakan bahwa diproyeksikan untuk memberikan kontribusi tambahan 640 juta USD untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia untuk setiap satu persen peningkatan penetrasi internet. Google & TEMASEK (2018) menjelaskan bahwa salah satu faktor penting dalam perkembangan ekonomi digital adalah banyaknya pengguna internet di Indonesia. Maka dari itu digital marketing sangat di perlukan untuk UMKM yang berada di Kelurahan Kebonagung dalam upaya pengembangan dan meningkakan kesejahteraan untuk pengelola UMKM.
Pada zaman sekarang ini, dimana teknologi internet sudah semakin maju, tentu saja aktivitas pemasaran perlu lebih memanfaatkan teknologi internet yang lebih efisien dan menjangkau luas. Hal ini dikarenakan hampir semua orang di seluruh dunia, khususnya Indonesia tidak pernah lepas dari gadget atau teknologi terkini yang terhubung ke internet. Untuk itu, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, mahasiswa KKN UNDIP yang bernama Muhammad Misbachul Munir selaku Mahasiswa S1-Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponergoro menyelenggarakan program monodisiplin yaitu “Sosialisai Pelaku Bisnis (UMKM) Tentang Digital Marketing untuk Pengembangan bisnis dan Meningkatkan Kesejahteraan.” sebagai upaya memperkenalkan pemasaran yang lebih modern dan bisa menjangkau konsumen secara lebih luas menggunakan teknologi internet.
Pelaksanaan sosialisasi diisi dengan penyampaian materi mengenai digital marketing serta pemanfaatan teknologi digital yang dalam hal ini penggunaan aplikasi Shopee sebagai media untuk pemasaran digital produk UMKM untuk dapat go online. Sosialisasi tersebut ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran berbisnis online bagi pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Keboagung serta memperkenalkan pemasaran yang lebih modern dan bisa menjangkau konsumen secara lebih luas menggunakan teknologi internet. Selain melakukan sosialisasi, mahasiswa juga membuatkan akun dan membantu mengurus berkas dalam proses pendaftaran UMKM ke online merchant.
Dengan adanya sosialisasi digital marketing ini, diharapkan dapat membantu pemilik UMKM yang ada di Kelurahan Kebonagung untuk berinovasi dalam pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Sosialisasi ini juga diharapkan dapat memudahkan pelaku UMKM untuk memperluas target pasar mereka sehingga akan banyak masyarakat yang tahu akan produk tersebut dan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM dan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM tersebut.
Penulis : Muhammad Misbachul Munir (Ekonomi Islam / Fakultas Ekonomika dan Bisnis – Universitas Diponegoro)
DPL : Alfita Rakhmayani, S.E., M.Ak