Guna Membantu Perkembangan UMKM, Mahasiswa Undip Memberikan Edukasi Arus Kas Dan Penerapannya Dengan Microsoft Excel

Telanaipura, Jambi (12/08). Mahasiswa Tim II KKN Undip 2021/2022 melakukan edukasi mengenai pengelolaan arus kas kepada UMKM yang ada di Kelurahan Pematang Sulur. Pusat dari edukasi arus kasi ini adalah UMKM Rumah Jamur di RT 23. Edukasi ini digalakkan dengan tujuan untuk membantu pengelolaan keuangan UMKM agar dapat berkembang lebih baik lagi sekaligus mengenalkan proses digitalisasi dalam ranah bisnis UMKM seperti pembukuan arus kas menggunakan Microsoft Excel.
Program ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala atau masalah dari UMKM setempat bahwa mereka sering kali kehilangan catatan terkait jumlah kas yang ada saat ini. Dari permasalahan itu menyebabkan pihak UMKM sulit untuk membuat keputusan bisnis selanjutnya karena mereka tidak mengetahui seperti apa kondisi bisnis mereka sendiri secara detail.
Dengan dilakukannya edukasi ini sampai pada tahap pihak UMKM memahami apa itu arus kas dan bagaimana penerapannya menggunakan Microsoft Excel, diharapkan pihak UMKM dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat, yaitu pengelolaan arus kas dengan Excel secara berkala dan berkelanjutan.