Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Manfaatkan Media Sosial sebagai Sarana Branding dan Marketing UMKM

rennn-2

Dewasa ini media sosial menjadi salah satu media yang digunakan dalam melakukan branding dan marketing terhadap suatu usaha. Banyaknya masyarakat yang mengakses media sosial sebagai media utama dalam mencari informasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi media sosial dinilai efektif dalam menjangkau sasaran. Terutama bagi UMKM, media sosial berperan penting dalam melakukan kegiatan pemasaran dan menjangkau konsumen dalam skala besar.

Maka dari itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan program pendampingan dalam pembuatan serta optimalisasi pengembangan media sosial untuk Gerai Kopimi di Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Program ini dilakukan secara luring dan daring yang berupa koordinasi dengan pihak-pihak pengurus Gerai Kopimi Kelurahan Peterongan serta pembuatan akun dan design untuk konten.

Berdasarkan data yang telah dihimpun, terdapat sekitar 50 lebih UMKM yang berada di wilayah Kelurahan Peterongan yang terdiri dari makanan, pakaian, serta sembako. Para UMKM ini dinaungi oleh suatu wadah yakni Gerai Kopimi Kelurahan Peterongan yang mendukung serta memfasilitasi UMKM untuk melakukan kegiatan pemasaran dan branding.

Dikarenakan belum adanya media sosial yang menjadi sarana untuk mengenalkan produk-produk UMKM di wilayah Kelurahan Peterongan, maka mahasiswa KKN Tim II UNDIP melakukan pendampingan dalam pembuatan serta pengembangan media sosial untuk Gerai Kopimi Kelurahan Peterongan. Dengan memanfaatkan media sosial serta memberikan konten-konten seputar informasi mengenai UMKM yang ada di Kelurahan Peterongan, harapannya UMKM tersebut dapat dikenal secara luas oleh masyarakat diluar Kelurahan Peterongan.

Penulis : Reni Wulandari (14040119120032/FISIP/Ilmu Komunikasi)
Dosen Pembimbing : Heri Sugito, S.Si, M.Sc
Lokasi : Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang