Penyaluran Kreativitas Mahasiswa KKN Undip 2021/2022 dalam Rangka Edukasi Mencegah Stunting di Desa Bendanpete

Whats-App-Image-2022-07-13-at-08-27-26

Jepara (15/7). Mahasiswa KKN Undip Melaksanakan Program Edukasi Mencegah Stuting Sejak Dini pada acara posyandu di Dukuh Pete (RW 02) dan Dukuh Gedangan (RW 03) Desa Bendanpete, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. Program Edukasi Mencegah Stunting Sejak Dini ini memanfaatkan kreativitasnya dalam membuat design menarik dalam merangkum dan memberikan informasi pencegahan stunting.

Edukasi Mencegah Stunting sejak dini di Posyandu dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2022 di Posyandu Dukuh Pete dan tanggal 15 Juli 2022 di Dukuh Gedangan Desa Bendanpete dengan jumlah rata-rata peserta sekitar 50 orang.

Edukasi Mencegah Stunting Sejak Dini Dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Undip 2021/2022 di Desa Bendanpete untuk mengimbau dan menyuluh masyarakat terutama ibu muda untuk senantiasa menjaga kesehatan dan memberikan gizi baik bagi anaknya. Dengan Edukasi dan Penyulihan yang dilakukan oleh mahasiswa kkn Undip diharapkan dapat mudah diterima dan dijalankan oleh ibu-ibu posyandu dengan ngeikuti dan menyimak pesan-pesan yang diberikan.

Whats-App-Image-2022-07-15-at-11-15-27-1

Untuk dapat diterima dan dipahami dengan mudah oleh ibu-ibu posyandu Desa Bendanpete, mahasiswa KKN Undip 2021/2022 menyalurkan dan memanfaatkan kreativitas dalam membuat design serta mengemas pesan dan informasi yang mudah untuk dipahami. Disertai dengan animasi dan penjelasan singkat serta padat dalam poster yang dicetak dan dibagikan pada ibu-ibu posyandu, membuat ibu-ibu yang menbaca dan mendengar penjelasan informasi menjadi lebih jelas dan memahami dengan mudah. Sepanjang ibu-ibu menunggu anaknya untuk pengukuran dan pencatatan tumbuh kembangnya, mahasiswa KKN Membagikan poster serta menggunakan banner sebagai alat bantu menjelaskan materi mencegah stunting. Bersamaan dengan itu, mahasiswa menjelaskan materi poin demi poin dan terperinci dengan bahasa yang sederhana serta menunjukkan ilustrasi yang mudah dipahami sehingga ibu-ibu mudah untuk memahaminya. Di tengah penyuluhan ini, ibu-ibu menunjukkan bagaimana antusiasnya dan menyimak materi dengan baik melalui poster yang menarik.

Penulis : Mutia Indah Cahyani – 14040119120005

DPL : Dra. Puji Astuti., M.Si

Lokasi : Desa Bendanpete, Nalumsari, Jepara.