Tidak Perlu Khawatir Lagi Saat Terjadi Pemadaman Listrik dan Saat Melakukan Penghematan Energi Listrik

94-C5-E16-B-225-E-4-A49-AB64-2-BEF74-FCDAA6-1

Lampu Emergency Otomatis dengan Sensor LDR

Semarang – Selasa (07/08) – Penggunaan penerangan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Setiap kegiatan, khususnya yang dilakukan di malam hari, pasti membutuhkan cahaya penerangan yang tentu saja membutuhkan energi listrik. Semakin meningkatnya penggunaan energi listrik, maka beban listrik pun akan semakin besar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, seringkali pemerintah mengupayakan penghematan terhadap penggunaan tenaga listrik, salah satunya dengan melakukan pemadaman listrik secara bergilir. Pemadaman listrik juga dapat diakibatkan oleh gangguan kelistrikan, dan tidak jarang pula pemadaman tersebut terjadi pada malam hari, sehingga peralatan elektronik terutama lampu yang berperan memberikan penerangan dan mendukung aktivitas manusia tidak dapat menyala. Tentu saja hal tersebut dapat menghambat kegiatan manusia.

Keadaan demikian mendorong mahasiswa KKN Undip untuk melakukan pembuatan lampu emergency otomatis dengan sensor LDR dan juga Fitting lampu otomatis dengan sensor LDR. Lampu emergency ini dapat digunakan dimanapun karena sifatnya yang fleksibel dan dapat dipindahkan sesuai kebutuhan. Lampu emergency ini juga menggunakan baterai 9 volt yang dapat diganti jika habis dengan melepas bagian penutupnya. Kemudian dengan Fitting lampu otomatis yang bisa dipasangkan dengan lampu apapun akan membuat alat tersebut lebih fleksibel untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan penerangan di area pemasangan.

Untuk membuat dibutuhkan lampu LED, baterai kotak 9 volt, serta rangkaian elektronik yang terdiri potensiometer, resistor,sensor LDR (Light Dependent Resistor), kapasitor serta kabel elektronik. Lampu emergency otomatis ini dapat menyesuaikan penerangannya dikarenakan memiliki sensor LDR yang dapat menyala lebih terang pada saat ruangan gelap dan redup pada saat ruangan lebih terang. Dan juga dengan Fitting lampu otomatis mampu membantu penghematan energi listrik dikarenakan akan membuat lampu otomatis menyala saat kondisi ruangan sekitar gelap. Begitupun sebaliknya, lampu akan mati saat kondisi ruangan sekitar terang.

7-C7-C475-B-EF1-D-4354-8578-C1537-A2-B6-D9-A

Perancangan dan Pembuatan Lampu Emergency dan Switch Lampu Otomatis

Pembuatan lampu emergency otomatis dan fitting lampu otomatis ini dapat dibuat dengan harga yang terjangkau sehingga para pedagang dapat membuatnya sendiri dan dapat memperbaikinya sendiri apabila terjadi kerusakan.

message-Image-1660391440805

Penyerahan Lampu Emergency Otomatis dan Switch Fitting Lampu Otomatis Kepada Warga RW 5 Kelurahan Kalicari

Dengan adanya program kerja monodisiplin yang dijalankan oleh mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2021/2022, diharapkan dapat membantu warga, khususnya Kelurahan Kalicari, sehingga ilmu yang didapatkan oleh mahasiswa di perguruan tinggi akan bermanfaat lewat pengabdian pada kegiatan KKN ini.