Kreatif! Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Desain Untuk Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Di Kel. Cibabat

Kelurahan Cibabat, Cimahi (13/08/2022) ̶ Mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang nyaman adalah impian dari setiap orang. Hal ini dapat diwujudkan salah satunya dengan cara membuat ruang publik terbuka yang ditambah dengan rambu-rambu yang lengka baik itu hijau maupun non hijau. Ruang publik terbuka dalam lingkungan pembangunan sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan kualitas lingkungan hidup suatu wilayah. Ruang publik dapat berupa ruang pejalan kaki, taman, tempat parkir, atau area rekreasi.

Tidak adanya fasilitas ruang publik terbuka hijau untuk warga RW 02 Kelurahan Cibabat menjadi sebuah permasalahan di wilayah tersebut. Selama ini, untuk sementara penghijauan dilakukan dengan menaruh beberapa pot bunga di sekitar depan rumah warga.

Eksisting taman kecil di RW 02 yang sudah tidak terawat sehingga banyak tanaman yang sudah mati. Juga terdapat beberapa bangunan rumah kosong yang sudah tidak terawat, namun memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan tempat yang bermanfaat untuk para warga. Adanya upaya warga dalam mewujudkan ruang publik terbuka di taman RW 02 terdapat beberapa hambatan, salah satunya adalah tenaga perencanaan desain dan keterbatasan lahan yang ada di wilayah RW 02.

“Iya memang butuh. Tapi kalau dilihat kan lahan disini (RW 02) memang sempit sekali. Ada lahan kosong di depan puskesmas, tapi kan itu punya pemerintah, tidak ada kaitannya dengan RW.” ungkap Bapak Budi, selaku ketua RW 02.
taman

Menanggapi hal tersebut, mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022 melakukan usulan program kerja Perencanaan Desain Ruang Publik Terpadu agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga RW 02. Kegiatan ini dilakukan dengan membuat ide konsep desain dan dituangkan dalam bentuk visualisasi 3D.

Tahapan proses perencanaan desain ini dimulai dari minggu ke-5 hingga finalisasi akhir di minggu ke-6 pada tanggal 9 Agustus 2021. Tahap awal yang dilakukan adalah melakukan survey lahan ke wilayah RW 01 setempat dan berdiskusi dengan Bapak Mutohar.

“Bikin saja dengan ukuran yang umum, nanti bisa diterapkan di lahan yang sudah direncanakan untuk menjadi taman/lahan hijau untuk warga RW 02 dan kelurahan Cibabat.”
taman-1