Yok BACA BUKU! MEMBACA BUKU, MENGGENGGAM DUNIA! Mahasiswa KKN UNDIP lakukan Hibah Buku dan Penanaman Budaya Membaca Sejak Dini

Tegalsari, Kota Semarang (17/07/2022) – Berdasarkan data dari UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Kemajuan teknologi dan penggunaan gadget yang meningkat sejak pandemi covid-19 disinyalir juga menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi. Selain itu, susahnya akses pendidikan dan keterbatasan daya beli buku, menjadikan masyarakat Indonesia kesulitan untuk meningkatkan minat baca atau membentuk kebiasaan membaca guna meningkatkan daya literasi mereka.
Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Kelurahan Tegalsari RW 04, melakukan kegiatan hibah buku kepada PAUD RW 04, Kelurahan Tegalsari. Pemberian buku secara gratis ini didasarkan pada keprihatinan akan fakta rendahnya daya literasi atau membaca masyarakat Indonesia. Kegiatan pemberian buku kepada anak-anak usia dini diharapkan mampu menanamkan budaya membaca yang dimulai sejak dini, sehingga daya baca atau tingkat literasi di Indonesia akan meningkat. Pembentukan kebiasan akan lebih mudah apabila dilakukan sedini mungkin. Pemilihan anak-anak usia dini dikarenakan penanaman kebiasaan atau budaya akan jauh lebih mudah apabila dilakukan sejak awal dan anak-anak usia dini juga merupakan generasi penerus bangsa.
Dengan dilakukannya program hibah buku diharapkan warga RW 04, kelurahan Tegalsari menyadari pentingnya membaca dan menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan yang baik demi Indonesia yang cerdas dan lebih baik lagi.

Penulis : Annisa Nurhidayati
Dosen : Heri Sugito, S.Si., M.Sc
Lokasi : RW 04,Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang