Cegah Stunting! Mahasiswa KKN UNDIP Adakan Penyuluhan Gratis Kepada Masyarakat Sarirejo

Whats-App-Image-2022-08-12-at-19-29-40

Semarang (30/07/2022) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (KKN Tim II Undip) menyelenggarakan program kerja multidisiplin bertemakan pencegahan kejadian stunting di Kelurahan Sarirejo. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jumat (29/07/2022) pukul 10.00 WIB di Kantor Kelurahan Sarirejo, program yang bertajuk “Cegah Stunting, Ciptakan Generasi Sehat, Kreatif, dan Produktif” ini dihadiri sekitar 25 ibu – ibu yang tergabung dalam PKK Kelurahan Sarirejo. Pelaksanaan program ini berfokus untuk memberikan edukasi kepada ibu – ibu PKK setempat mengenai pentingnya mencegah stunting pada anak sedari dini.

Pengadaan program ini juga ditujukan untuk menjawab permasalahan angka stunting di kelurahan setempat. Berdasarkan wawancara pada beberapa perangkat kelurahan, didapatkan informasi bahwa masih terdapat anak – anak usia dini yang terindikasi stunting. Selain itu, beberapa orang tua di Kelurahan Sarirejo juga masih belum memahami bahwa pencegahan dini stunting harus dimulai sedini mungkin, bahkan saat bayi masih berada di dalam kandungan.

Whats-App-Image-2022-08-12-at-19-29-40-1

Untuk menjawab permasalahan tersebut, program ini kemudian dirancang dengan pemberian pemaparan materi terkait stunting. Pemaparan materi sendiri disampaikan oleh mahasiswa KKN Tim II Undip dari jurusan Keperawatan yaitu Qomara. Dalam paparannya, ia menjelaskan mengenai apa itu stunting, tanda dan gejala, screening pertumbuhan, dan tak lupa pula bagaimana cara mencegahnya.

Para peserta program terlihat sangat antusias dalam mengikuti keberjalanan program dari awal hingga akhir. Peserta juga terlihat sangat berlomba – lomba untuk menjawab permainan tebak mitos dan fakta terkait stunting yang diberikan di akhir sesi. Bahkan, banyak diantara tebakan – tebakan yang dilontarkan mampu dijawab dengan tepat oleh peserta program. Sebagai pelengkap, KKN Tim II Undip juga menyerahkan beberapa poster edukasi yang dapat ditempel, dengan harapan agar penyebaran informasi stunting ini dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

Penulis : KKN Tim II Undip Kelurahan Sarirejo
Lokasi : Kelurahan Sarirejo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang
DPL : Dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si, P.hD