Mari Ikuti Gerakan Peduli Arsip Digital dan Pentingnya Mengelola Arsip Keluarga

Kemajuan perkembangan zaman menjadi tantangan tersendiri bagi peningkatan kualitas layanan di sektor publik. Pemerintah dituntut memberikan kemudahan dalam pelayanan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. 

Perkembangan teknologi dan masa pandemi mendorong digitalisasi pelayanan di sektor publik, seperti halnya otomasi pengelolaan arsip sebagai perwujudan tata kelola arsip yang tertib dan efektif. 

Maka dari itu, Dengan adanya media elektronik seperti komputer, proses pengelolaan dan pengurusan arsip akan menjadi lebih mudah dan tidak akan memakan waktu lama sehingga dapat memudahkan dalam proses penemuan kembali.

image host

Pada KKN kali ini yang bertempat di Kelurahan Jerakah, Kecamatan Tugu, Kota Semarang mencoba untuk meningkatkan kemudahan akses arsip secara fleksibel yang menghemat waktu, tenaga, dan biaya sebagai prosedur yang diharapkan untuk terus dikembangkan, terutama pada kantor kelurahan itu sendiri. 

Dengan memberikan pengarahan sedikit terkait digitalisasi pada pihak kelurahan untuk arsip elektronik lembaga publik yang dapat berupa database, website, komunikasi email, foto dan media audiovisual lainnya. Beralihnya pusat arsip menjadi pusat data (data center) arsip memberikan fleksibilitas ruang penyimpanan fisik, otomasi temu kembali arsip, mengurangi rusaknya fisik arsip, dan keamanan akses arsip dengan adanya otorisasi.

Namun tidak berpatok disitu saja, bagi masyarakat lainnya pun harus tetap menerapkan sistem digitalisasi arsip yang aman. Dengan menyimpannya di komputer maupun handphone pribadi, maka arsip milik pribadi dapat ditata dan diatur semaksimal mungkin dan untuk arsip keluarga sendiri dapat diatur oleh ibu.
#KKNTimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip