Tanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasikan 6 Langkah Cuci Tangan Kepada Anak-Anak di Desa Sampiran

Cuci tangan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting karena efektif untuk mencegah penyebaran penyakit dan juga pengendalian infeksi. Hal ini dikarenakan tangan sering kali menjadi perantara berbagai bakteri masuk ke dalam tubuh kita. Karena itu, kebiasaan ini harus diterapkan sejak dini. Kebiasaan mencuci tangan ini tentu sangat berguna, mengingat anak-anak sering sembarangan memegang benda, termasuk benda yang kotor.

Dalam program KKN yang dilaksanakan oleh Fairuz Nur Alya Firdaus dari Kedokteran Universitas Diponegoro, telah dilakukan edukasi terkait 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sampiran, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

P3

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 6 Agustus 2022 ini dilakukan di depan kantor Desa Sampiran bersama anak-anak sekitar. Mereka terlihat antusias dan semangat menghafal langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar.

Edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk kehidupan sehari-sehari dimulai dari hal kecil, salah satunya dengan mencuci tangan.

Penulis : Fairuz Nur Alya Firdaus (Kedokteran UNDIP)
Dosen Pembimbing :Setya Budi Muhammad Abduh, S.Pt., M.Sc.,Ph.D