Mahasiswa UNDIP Membantu Mengembangkan Perilaku Baik dengan Menggunakan Media Buku Saku Pencatat Kebiasaan-kebiasaan Baik Bilingual untuk Anak SD

photo-2022-08-13-18-19-07

Tim II KKN UNDIP telah terjun ke Kelurahan Kandri mulai tanggal 5 Juli 2022 yang diawali dengan menyambangi kantor Kelurahan Kandri dan rumah ketua RW 1 untuk memperkenalkan diri dan meminta izin untuk melakukan kegiatan KKN di Kelurahan Kandri. Untuk masing-masing mahasiswa wajib melaksanakan 2 program kerja monodisiplin. Kali ini mahasiswa bernama Candi Kusuma Ageng Sukmajati melaksanakan program monodisiplin tentang pemberian materi dan buku saku pencatat kebiasaan-kebiasaan baik yang ditargetkan untuk anak-anak SD Kandri 1 yang berlokasi di RW 1 Kelurahan Kandri.

Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang harus dipelajari di era modern sekarang ini. Buku Saku pencatat kebiasaan-kebiasaan baik bilingual ini mampu menjadi sarana untuk belajar Bahasa Inggris sekaligus meningkatkan kebiasaan baik sehari-sehari dengan cara mencatat/mencentang kebiasaan baik yang sudah dilakukan pada hari itu.

photo-2022-08-13-18-21-18

Pentingnya pemahaman Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris serta mampu meningkatkan kebiasaan baik sehari-hari yang mana itu adalah kemampuan yang harus dimiliki anak zaman sekarang agar bisa mengikuti zaman yang sudah sangat membutuhkan attitude baik dan juga berbahasa Inggris yang baik pula.

photo-2022-08-13-18-19-11

Pemberian buku saku ini dilakukan dengan mendatangi SD Kandri 1 untuk bisa berinteraksi dengan anak-anak SD secara langsung agar bisa memberikan materi dan juga buku saku tersebut dengan lebih efektif dan lebih menarik bagi anak-anak SD. Program ini di respon dengan sangat positif oleh anak-anak SD yang terbukti dengan mereka antusias dan semangat ketika diberikan materi dan juga buku saku oleh mahasiswa KKN UNDIP. Namun begitu, masih ada beberapa anak yang tidak mau diberi buku saku karena malu dan takut. Ada juga beberapa anak yang masih belum bisa membaca dengan lancar yang berakibat mereka susah memahami apa yang dijelaskan oleh mahasiswa KKN UNDIP.

Pemberian buku saku ini diharapkan bisa membantu guru untuk bisa memberikan materi perilaku terpuji serta materi Bahasa Inggris kepada siswa SD secara interaktif dan lebih efektif.

Penulis: Candi Kusuma Ageng Sukmajati (S1 Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro)
Dosen Pembimbing Lapangan: Dra. Retno Hestiningsih, M. Kes.
Lokasi: Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang
#KKNTimIIPeriode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip