BANGUN UMKM GO DIGITAL!!!, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Pengelolaan Pasar Online Desa Guna Membantu Promosi UMKM Desa Gribig, Kec. Gebog, Kab.Kudus

Reportase Minggu ke-3 sampai Minggu ke-5
Sabtu, 30 Juli 2022
Penulis : Nanda Febriyana

RW-04

Pencarian Informasi dan Koordinasi Pengelolaan Website Pasar Gribig (Sarbig)

Desa Gribig (30/07)
Desa Gribig merupakan salah satu desa di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Desa Gribig menjadi salah satu desa yang memiliki potensi industri yang bagus. Desa Gribig memiliki banyak UMKM yang bergerak di berbagai bidang, baik dibidang pertanian, peternakan, fashion, makanan, furniture, dan lainnya. Namun, sebagian masyarakat khususnya pelaku UMKM memiliki kendala dalam melakukan promosi dan pemasaran produk UMKM, salah satunya adalah kurangnya media pemasaran yang dapat memperluas segmen pasar pelaku UMKM.

Disisi lain, pemerintah desa telah melakukan pembuatan pasar online yang dapat digunakan sebagai media promosi pelaku UMKM Desa Gribig. Pasar Online yang sering disebut Sarbig (Pasar Gribig) di Desa Gribig. Sarbig merupakan e-commerce yang berupa website yang berfungsi untuk mempromosikan atau sebagai media branding produk-produk UMKM Desa Gribig. Namun, website tersebut belum dapat berjalan dengan optimal, hal ini dikarenakan kurangnya pengelolaan dan sosialisasi website tersebut kepada pada pelaku UMKM Desa Gribig.

Dalam mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro melakukan pengelolaan Sarbig dengan mengoptimalkan fungsi Sarbig sebagai pasar online. Kegiatan pengelolaan Sarbig oleh tim KKN Undip diawali dengan pengambilan informasi terkait keberadaan UMKM Desa Gribig. Pengambilan informasi tersebut dilakukan dengan wawancara pemerintah Desa dan RW setempat.

SARBIG

Tampilan Website Sarbig

Selanjutnya, tim KKN melakukan kunjungan kepada UMKM secara door to door untuk melakukan pengenalan program Pasar Online Sarbig, pengambilan informasi tentang produk yang dijual (termasuk harga, ukuran, varian, dan lainnya) . Selain itu, tim KKN UNDIP juga melakukan pengambilan foto produk yang nantinya akan dipromosikan di Sarbig.

Jumlah UMKM yang berhasil dikunjungi adalah 30 UMKM diantaranya adalah UMKM kerupuk, gethuk, jamu, rempeyek (Makanan), hijab, sepatu,sandal, gamis (Fashion), meja, kursi, lemari, etalase (Furniture) dan lainya. Setelah melakukan pengambilan foto produk dan pencatatan berbagai informasi terkait dengan produk (harga, spesifikasi, varian, ukuran), maka dilanjutkan dengan penginputan data kedalam website dan pengintegrasian. Website yang telah terintegrasi dengan data dan informasi yang valid tersebut, kemudian dapat dioperasikan untuk sarana jual beli yang efektif, sekaligus media promosi UMKM Desa Gribig.

Adanya pengelolaan pasar online desa (Sarbig) tersebut, menimbulkan antusiasme warga, terutama pelaku UMKM. Mereka merasa terbantu dengan adanya media promosi yang menghubungkan antara penjual dengan konsumen, selain itu, media tersebut juga dapat dikembangkan sebagai wadah komunitas UMKM dan sumber informasi bagi para pelaku UMKM terkait dengan event atau informasi lain yang berguna bagi keberlangsungan usaha.