Dorongan Pemasaran UMKM, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Bantu Pembuatan Media Sosial

WONOGIRI (12/08) – Keripik tempe merupakan makanan ringan yang dikenal dan sudah banyak dijual diberbagai daerah, khususnya daerah Wonogiri. Tim II KKN Undip mengadakan pendampingan strategi pemasaran di salah satu pemilik usaha UMKM tempe keripik yang berada di desa Pokoh Kidul, Wonogiri.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-21-44-04 Penyampaian Materi Strategi Pemasaran Tempe Keripik Rahma

Pendampingan Strategi pemasaran yang diberikan oleh Yehezkiel Hilkia selaku penanggung jawab program kerja KKN ini adalah memberikan sosialisasi pemasaran secara online dengan media sosial seperti Instagram dan Whatsapp. Strategi pemasaran ini direalisasikan dengan dibuatkannya akun Sosial Media yaitu Instagram dengan nama akun rahma_tmpkeripik
(https://instagram.com/rahma_tmpkeripik?igshid=YmMyMTA2M2Y= ).

Screenshot-1 Pembuatan Media Sosial Tempe Keripik Rahma

Selama ini Bapak Satimin selaku pemilik usaha UMKM tempe keripik hanya memasarkan di pasar-pasar dan warung sehingga produknya tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Yehezkiel dan anggota KKN lainnya juga memberi masukan untuk berinovasi dalam kemasan tempe keripik agar lebih menarik. Di lain kesempatan Tim juga ikut membantu memasarkan produk tempe keripik di CFD Wonogiri.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-21-44-06-1 Pemasangan MMT Produk Keripik Tempe Rahma

Digitalisasi telah membuat adanya perbedaan dalam strategi bisnis sehingga memunculkan peluang dan tantangan. Dengan adanya pendampingan pemasaran ini diharapkan peluang penjualan semakin meningkat dan produk semakin banyak dikenal.