Akhiri Pandemi Covid-19 dengan Vaksinasi Booster

Pelaksanaan Program Pengabdian “Sukseskan Kegiatan Vaksinasi Booster” di Kelurahan Pedurungan Lor

Semarang (24/07/2022) – KKN TIM II Undip dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2022 – 18 Agustus 2022 yang tersebar di berbagai kelurahan di Semarang. Salah satu kelurahan yang menjadi tempat pengabdian KKN yaitu Kelurahan Pedurungan Lor yang terbagi menjadi 10 RW.

Virus Covid-19 sudah selama 2 tahun menyebar di seluruh penjuru dunia dan mengalami mutasi terus menerus yang mana sekarang dunia sedang melawan virus Covid-19 varian Omicron BA-4 dan BA-5. Virus varian Omicron ini dikabarkan sangat mudah menular karena sangat infeksius akibatnya angka terinfeksi Covid-19 semakin meningkat. Covid-19 telah menyebabkan kesedihan merajarela dimana-mana salah satunya kehilangan keluarga yang disayangi, khususnya bagi penderita yang memiliki komorbid. Sampai saat ini, pemerintah telah mengupayakan untuk melakukan vaksinasi lengkap termasuk vaksinasi booster untuk mengatasi pandemi yang terjadi di Indonesia. Namun, sampai saat ini belum semua masyarakat melakukan vaksinasi booster.

Saat dilakukan percepatan vaksinasi di Kelurahan Pedurungan Lor ternyata masih banyak masyarakat yang belum bisa dilakukan vaksinasi karena terhambat oleh penyakit komorbid yaitu tekanan darah tinggi. Hal ini menyebabkan ketidakcapaian target pemerintah untuk mencapai target vaksinasi di Indonesia. Maka dari itu, diperlukan kesadaran dari masyarakat sendiri untuk mengatur tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Untuk membantu pencapaian target cakupan vaksinasi, mahasiswa KKN dari Fakultas Kedokteran memberikan sosialisasi terkait hipertensi dan pemeriksaan dini untuk masyarakat Kelurahan Pedurungan Lor agar masyarakat dapat memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi booster. Sebagai tambahan, dilakukan juga pembagian leaflet kepada masyarakat.

Harapannya setelah dilakukan kegiatan tersebut, cakupan vaksinasi booster di Pedurungan Lor dapat tercapai serta terciptanya HERD Immunity.Hal Ini sejalan dengan target dari SDGs yang ketiga untuk menciptakan kehidupan yang sehat serta kesejahteraan untuk seluruh masyarakat semua usia.

Foto Pemeriksaan Tekanan Darah sebelum Pelaksanaan Vaksinasi

 

Penulis : Hadisurya Sugiharto S
NIM : 22010119130167
Fakultas : Kedokteran Umum
DPL : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali,M.Si
Lokasi : Kelurahan Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang