PROMOSI DI MEDIA SOSIAL = CUAN?! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP BANTU TINGKATKAN ‘CUAN’ UMKM KELURAHAN LAMPER KIDUL

image

Kelurahan Lamper Kidul, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang (13/8/2022) ¬¬¬¬— Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, saat ini pelaku UMKM di Tanah Air mencapai angka 60 juta. Jumlah tersebut diprediksi terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi dan potensi sumber daya manusia yang semakin berkembang.

Tingginya pertumbuhan UMKM memberikan angin segar bagi perekonomian di Indonesia, salah satunya dengan berhasil membuka banyak lapangan kerja baru. Namun bukan berarti pertumbuhan pesat tersebut lepas dari permasalahan. Berbagai permasalahan UMKM yang ada justru membuatnya kalah bersaing, jalan di tempat, hingga gulung tikar.

UMKM di Kelurahan Lamper Kidul begitu beragam, namun masih terdapat sebagian besar UMKM yang belum ter-berdaya. Melihat hal itu, salah satu mahasiswa KKN Tim II UNDIP yaitu Harisa Nur Rahmah melaksanakan program monodisiplin yaitu kegiatan ‘Sosialisasi Guna Meningkatkan Antusias Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi’ (27/7/2022).

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Lamper Kidul ini dihadiri oleh Bapak Mardjuki S.Pd selaku Lurah Lamper Kidul, Ibu Yuni selaku Ketua Komunitas Gerai Kopi & Mi, remaja Karang Taruna Lamper Kidul, serta seluruh perwakilan UMKM yang terdapat di Kelurahan Lamper Kidul.

Pelaksanaan sosialisasi guna meningkatkan antusias penggunaan media sosial sebagai sarana promosi adalah program yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan terkait memanfaatkan media sosial untuk berjualan dan mendapatkan keuntungan lebih banyak. Seperti tidak terbatas ruang dan waktu, biaya pemasaran lebih murah, kemudahan memilih target pasar hingga memudahkan mendapatkan feedback secara langsung dari konsumen.

image

Sosialisasi ini juga membantu para UMKM yang belum terberdaya dengan memanfaatkan melalui media sosial melalui branding produk UMKM yang dimiliki dengan mendesain produk semenarik mungkin untuk dapat menarik para konsumen.

Melalui sosialisasi guna meningkatkan antusias penggunaan media sosial sebagai sarana promosi diharapkan para UMKM yang terdapat di Kelurahan Lamper Kidul dapat memanfaatkan hal ini sehingga dapat berkelanjutan.

Penulis : Harisa Nur Rahmah
DPL : Muhammad Arief Zuliyan S.IP., LL.M
Lokasi KKN : Kelurahan Lamper Kidul, Semarang Selatan