JANGAN BERMAIN SAJA, ANAK-ANAK HARUS GEMAR MEMBACA! MAHASISWA UNDIP MEMBUAT INOVASI PEMBUATAN POJOK BACA DAN SOSIALISASI MANFAAT MEMBACA DI TAMAN TEMATIK RAMAH ANAK KELURAHAN KUNINGAN

Whats-App-Image-2022-08-04-at-4-58-39-PM

Kuningan, Semarang (04/08/2022) – Membaca buku merupakan salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa meningkatkan kualitas diri seseorang. Membaca buku memiliki berbagai manfaat seperti menambah wawasan, meningkatkan kosakata, melatih pola pikir, dll. Oleh karena itu, sejak kecil kita selalu disarankan untuk giat membaca buku agar mempunyai wawasan yang luas.

Pojok baca merupakan salah satu sarana untuk menyalurkan dan meningkatkan minat baca anak-anak. Pojok baca merupakan sudut baca yang dilengkapi dengan koleksi buku yang ditata untuk menarik minat anak-anak untuk membaca. Pojok baca merupakan pengembangan dari Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti pada Anak. Pojok baca bertujuan untuk mendekatkan buku kepada anak-anak sekolah dan diharapkan tumbuh kebiasaan gemar membaca buku.

Whats-App-Image-2022-08-05-at-4-05-31-PM

Berangkat dari hal tersebut, Fauzan Kusuma, salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Pemerintahan melakukan inovasi dengan membuat pojok baca di taman tematik ramah anak Kelurahan Kuningan. Lokasi tersebut dipilih sebab banyak anak-anak yang sering bermain di taman tematik ramah anak tersebut. Selain itu, belum adanya program yang melibatkan anak-anak di taman tematik tersebut menjadi latar belakang dibuatnya pojok baca tersebut.

Program tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2022 yang diawali dengan pemasangan rak dan pengisian buku dilanjutkan dengan pemaparan sosialisasi manfaat membaca buku, pembacaan buku selama 15 menit, dan games interaktif. Anak-anak Kelurahan Kuningan terlihat antusias saat mengikuti sosialisasi dan games interaktif. Hal tersebut ditunjukkan ketika anak-anak aktif menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mahasiswa saat sosialisasi dan games.

Whats-App-Image-2022-08-05-at-4-08-53-PM

Dengan diadakannya program ini diharapkan taman tematik anak-anak di Kelurahan Kuningan tidak hanya dipakai sebagai sarana bermain saja, akan tetapi sebagai sarana untuk menambah wawasan dengan gemar membaca di Pojok Baca yang sudah disediakan.

Penulis : Fauzan Kusuma (14010119130040)
DPL : drg. Isniya Nosartika, Sp. Perio, MDSc.
Lokasi : Kelurahan Kuningan, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang
KKN TIM II 2021/2022 UNIVERSITAS DIPONEGORO