PERMASALAHAN SAMPAH PLASTIK SEMAKIN TAK TERKENDALI, KKN TIM II UNDIP 2022 AJAK SISWA SEKOLAH DASAR UNTUK MENGGUNAKAN REUSABLE TOTEBAG & TUMBLER

Whats-App-Image-2022-08-12-at-3-24-52-PM

SEMARANG (02/08/2022), Saat ini pencemaran lingkungan laut semakin marak terjadi. Sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari akan peristiwa rusaknya laut yang tercemar oleh sampah plastik. Semakin meningkatnya pertumbuhan manusia, tak ayal membuat produksi limbah khususnya limbah rumah tangga semakin membludak. Limbah plastik disinyalir menjadi salah satu permasalahan limbah yang tak urung juga terselesaikan hingga saat ini.

Produk olahan plastik yang setiap hari digunakan diantaranya adalah kantung plastik dan botol air minum kemasan. Penggunaan kedua barang berbahan plastik ini dianggap praktis dan efisien karena mudah ditemukan dimana pun. Akan tetapi, saat ini penggunaan kantung plastik dan botol air minum kemasan jumlahnya sudah terlalu banyak. Bersamaan dengan produk olahan plastik lainnya, kini limbah plastik menjadi salah satu pencemar laut terbesar. Ditambah lagi dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan hal tersebut semakin memperparah keadaan.

Whats-App-Image-2022-08-02-at-12-27-20-PM
Whats-App-Image-2022-08-02-at-2-47-22-PM

Sebagai upaya untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan laut, sosialisasi maupun campaign gencar dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar mengubah kebiasaan hidup yang masih sering menggunakan plastik sekali pakai. Seperti yang dilakukan oleh Renita Setyowati, salah satu mahasiswi KKN Tim II Undip Tahun 2022 Prodi Oseanografi yang membuat program “Edukasi Penggunaan Reusable Totebag dan Tumbler untuk Mengurangi Sampah Plastik Guna Menjaga Keasrian Lingkungan Laut”. Program ini dilaksanakan dengan target peserta siswa-siswi kelas 4 SDN 02 Karangroto. Dalam program edukasi ini, para siswa diajak untuk mengurangi sampah plastik dengan mulai menggunakan tas belanja ramah lingkungan dan membawa botol minum reusable. Edukasi ini menjadi bertambah seru dengan adanya sesi tanya jawab berhadiah, dimana siswa yang dapat menjawab pertanyaan akan mendapatkan merchandise berupa tas belanja dan botol minum reusable.

Diharapkan dari terlaksananya program edukasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama di kalangan anak usia dini untuk mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan kepedulian masyarakat akan keasrian lingkungan laut terus terjaga.

Penulis : Renita Setyowati
DPL : dr. Akhmad Ismail, M.Si.Med.
Lokasi KKN : Kelurahan Karangroto, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah
KKN Tim II Tahun 2022 Universitas Diponegoro