DALAM RANGKA DIGITALISASI UMKM, MAHASISWA KKN UNDIP LAKUKAN SOSIALISASI KE UMKM DI LAMPER LOR
Di era modern saat ini, digital marketing sudah tidak asing lagi bagi pihak yang menjalankan suatu bisnis. Digital marketing digunakan sebagai kegiatan pemasaran untuk memperkenalkan bisnis yang dimiliki melaui berbagai platform media digital atau media sosial yang dapat memudahkan konsumen atau pelanggan untuk saling berkomunikasi secara online mengenai bisnis yang kita miliki.
Di Kelurahan Lamper Lor sendiri, masih banyak warga yang memiliki bisnis namun kurang diperkenalkan terutama di media digital atau media sosial. Masih banyak warga lokal yang memperkenalkan bisnis atau produk usahanya secara konvensional atau dengan kata lain tanpa memanfaatkan kecanggihan teknologi. Hal ini dikarenakan kurangnya literasi warga setempat mengenai digital marketing dan juga warga setempat kurang menguasai kemampuan teknologi yang sudah canggih hingga saat ini. Untuk itu, mahasiswa berinisiatif mengadakan penyuluhan mengenai pengenalan digital marketing kepada warga di Kelurahan Lamper Lor.
(Sosialisasi Digital Marketing kepada Bapak Ratman)
Program Sosialisasi Mengenal Digital Marketing dilakukan pada hari Sabtu (30/07) secara door to door (rumah ke rumah). Sebanyak 5 warga di RW 01 yang mengikuti penyuluhan ini. Program ini terlaksana dengan baik dimana warga dan mahasiswa memiliki interaksi yang baik mulai dari penjelasan mengenai digital marketing yang disampaikan mahasiswa kepada warga hingga sesi tanya jawab yang dilakukan antara mahasiswa dengan warga tersebut. Warga sangat antusias mengikuti penyuluhan ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh warga mengenai digital marketing.
(Sosialisasi Digital Marketing kepada Bapak Hasan)
Dengan diadakannya program sosialisasi atau penyuluhan ini, diharapkan kedepannya warga di Kelurahan Lamper Lor lebih memahami tentang digital marketing agar dapat mengembangkan bisnis atau usahanya secara digital melalui berbagai platform media sosial yang ada. Selain itu, diharapkan nantinya penyuluhan ini dapat diterapkan oleh warga setempat pada usaha atau bisnis yang dijalaninya dan secara tidak langsung bisnis tersebut dapat lebih maju dan dikenal banyak masyarakat.
Penulis : Timothy Gratia Pasaribu (S1 – Ilmu Ekonomi/Fakultas Ekonomika dan Bisnis)
Editor : Muhammad Arief Zuliyan, S.IP., LL.M.