Gerakan Kelola Sampah ! Tim II KKN Undip mengajak Warga RW 8 Kelurahan Halim Perdanakusuma untuk Bijak dalam mengelola sampah dan menerapkan Zero-Waste

Screenshot-2022-08-13-234752

Jakarta (13/08) – Di minggu kelima kegiatan KKN TIM II Universitas Diponegoro, tepatnya pada 4 Agustus 2022, Tim II KKN dari Kelurahan Halim Perdanakusuma menjalankan program kerja Monodisiplin oleh salah satu anggota Tim KKN. Dengan membawa poin-poin pada Sustainable Development Goals (SDGs), program ini memfokuskan kegiatan pada sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga pada lingkungan yang ditargetkan kepada warga RT 7 / RW 8 di Aula Kantor RW 08, Kelurahan Halim Perdanakusuma.

Sebelum melaksanakan kegiatan, Tim KKN telah melakukan survei dan diskusi dengan pengurus RW terkait mengenai kondisi Pengelolaan Sampah lingkungan di wilayah tersebut. Setelah sepakat dengan tema yang akan dibawa, anggota tim KKN pun melaksanakan beberapa persiapan seperti penyusunan acara, perizinan, penyiapan materi, sampai pembagian poster.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-17-40-06

Kegiatan dimulai pada pukul 15.00 WIB dan disambut oleh para warga RW 8 yang terlihat sangat antusias dalam menerima materi yang telah dipersiapkan anggota Tim KKN Undip. Saat anggota Tim KKN memberi penjelasan materi, terlihat para warga sangat tertarik dalam berdiskusi perihal pengelolaan sampah rumah tangga, mengingat bahwa sekarang sudah mulai banyak Gerakan mengurangi plastik, juga memilah sampah sesuai jenisnya agar memudahkan pengelolaan oleh petugas terkait.

Materi yang dibawa diharapkan bisa memberi dampak baik bagi Kesehatan lingkungan dan bisa menyadarkan warga betapa pentingnya mengelola sampah dengan benar sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan disiplin dalam mengelola sampah. Program kerja ini berjalan lancar karena mendapat dukungan oleh pengurus RW 8 dan antusias warga yang sangat baik.

DPL: Arwinda Nugraheni, S.KM, M.Epid
Lokasi: Kelurahan Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur