Cegah Stunting Itu Penting! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2022 Lakukan Pengukuran Antropometri di Posyandu Carul

Whats-App-Image-2022-08-14-at-02-05-03

Carul, Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal (09/08/2022)- Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2022, Fika Saputri melakukan kegiatan pengukuran antropometri pada bayi dan balita di Desa Carul. Selain pengukuran antropometri, pendidikan kesehatan mengenai pencegahan stunting dengan topik “Cegah Stunting Itu Penting” juga diberikan kepada ibu-ibu yang memiliki balita di Desa Carul. Kegiatan ini dilakukan karena adanya laporan pada kegiatan posyandu bulan juni di Desa Carul terdapat 3 balita dengan kasus gizi buruk yang berisiko mengalami stunting. Selain itu, adanya arahan dari Pemerintah Kabupatan Tegal untuk melakukan pemeriksaan atau pengukuran kembali kepada Balita karena terdapat perbedaan data antara hasil studi status gizi Indonesia (SSGI) 2021 dengan hasil pengukuran di lapangan yang dilakukan oleh petugas kesehatan di desa.mengenai pravelensi kasus stunting pada Balita di Kabupaten Tegal. Oleh karena itu, pemeriksaan kembali perlu dilakukan untuk memastikan laporan kasus yang ada benar adanya. terutama pengukuran Antropometri yang menjadi salah satu indikator untuk menilai seorang anak mengalami stunting.

Whats-App-Image-2022-08-14-at-02-04-38

Kegiatan Pengukuran Antropometri pada Balita dan pendidikan kesehatan mengenai pencegahan stunting kepada ibu-ibu dilaksanakan pada Hari Selasa, tanggal 12 Juli 2022 dan 09 Agustus 2022 pukul 08.00-11.00 WIB. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh balita yang berdomisili di Desa Carul dan Ibu-Ibu masyarakat Desa Carul. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita sebagai salah satu upaya deteksi dini stunting. Pendidikan kesehatan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu mengenai stunting dan langkah pencegahan atau deteksi dini stunting. Terdapat 6 hal penting mencegah stunting diantaranya : Pemenuhan kebutuhan gizi selama masa kehamilan, Inisiasi Menyusui Dini (IMD), ASI Eksklusif dan MPASI, Imunisasi dasar lengkap dan vitamin A, Memantau pertumbuhan balita di posyandu, Lakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-23-38-46

Kegiatan ini bertepatan dengan Gebyar Posyandu dan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasioal) Desa Carul sehingga kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang mendukung suksesnya BIAN Desa Carul. Kegiatan pengukuran antropometri ini dilakukan melalui 2 sesi yaitu kegiatan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan pada bayi dan balita. Selanjutnya kegiatan pendidikan kesehatan mengenai pencegahan stunting menggunakan media poster dan leaflet kepada ibu-ibu desa Carul. Poster ditempelkan di dinding tempat Posyandu dilaksanakan dan leaflet dibagikan kepada ibu-ibu bersamaan dengan pembagian PMT di Posyandu Desa Carul. Harapannya tidak ada kasus stunting di Desa Carul dan seluruh masyarakat terutama orang tua lebih aware mengenai stunting dan dapat menerapkan langkah pencegahan stunting sebagai langkah deteksi dini stunting yang salah satunya rutin memantau pertumbuhan dan perkembangan anak di Posyandu.

Whats-App-Image-2022-08-13-at-23-40-43

Penulis : Fika Saputri ( Mahasiswa Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)

DPL : Solikhin, S.Si., M.Sc.

Lokasi : Desa Carul, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal