Mahasiswa KKN Undip Bantu Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Pada Anak

Karangjoho, Purbalingga (12/08/2022) – Pendidikan bahasa Inggris sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan zaman. Anak usia dini adalah anak pada rentang usia 2-7 tahun dan merupakan masa periode emas untuk mengembangkan kemampuan berbahasa. Peran orang tua untuk meningkatkan motivasi anak sejak dini dalam belajar bahasa Inggris cukup penting karena tanpa adanya peran orang tua akan sulit bagi anak untuk meningkatkan motivasi dalam belajar.

Menyadari pentingnya bahasa inggris untuk anak, Rizki Oktafianti Amar salah satu mahasiwa Tim II KKN UNDIP Tahun 2022 melaksanakan kegiatan sosialisasi yang berjudul “Edukasi kepada Ibu-Ibu PKK di Desa Karangjoho tentang Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 18 Juli 2022 bertempat di PKD desa Karangjoho.

Program ini berupa kegiatan edukasi kepada Ibu-Ibu PKK di Desa Karangjoho tentang pentingnya peranan orang tua dalam memotivasi anak belajar bahasa inggris pada anak usia sekolah dasar. Di Desa Karangjoho kesadaran orang tua untuk memotivasi anak belajar bahasa inggris cukup kurang. Padahal peran orang tua dalam memotivasi anak dalam pembelajaran bahasa inggris cukup penting karena orang tua merupakan pendidik pertama dan utama membantu mengembangkan potensi anak-anaknya.

Pada program ini, mahasiswa KKN Undip jurusan sastra Inggris memberikan beberapa tips kepada Ibu-Ibu PKK tentang bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris untuk anak. Tips yang disampaikan mahasiswa KKN yang dapat diterapkan seperti menggunakan kegiatan-kegiatan belajar yang menyenangkan agar dalam jangka panjang anak tetap konsisten belajar dan tidak merasa bosan. Orang tua juga harus mengenali masalah yang dihadapi anak dan hindari menekan atau menggunakan kekerasan untuk mengatasi masalah yang dihadapi anak dalam proses belajar bahasa Inggris. Selain itu, orang tua harus memiliki minat aktif untuk belajar tentang bagaimana mendidik anak dengan baik dan aktif dalam belajar bahasa Inggris dasar yang digunakan sebagai modal orang tua membimbing anak. Dengan diadakannya program ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi orang tua dalam memotivasi anak dalam belajar bahasa inggris.

Penulis: Rizki Oktafianti Amar
DPL: Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M.Si.
Lokasi: Desa Karangjoho, Purbalingga