Optimalisasi Lahan Sempit, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pengadaan Bibit Hortikultura

image

Semarang (05/08/2022) – Kelurahan Kalibanteng Kulon merupakan daerah yang terletak di perkotaan dimana ketersediaan lahan untuk budidaya sangat terbatas sehingga budidaya hanya dilakukan dengan cara memanfaatkan halaman rumah dengan menanam dipot/polybag atau dengan cara menggantung tanaman. Namun, adanya keterbatasan tersebut tidak menghalangi minat dan ketertarikan warga Kelurahan Kalibanteng Kulon terhadap pertanian, hal ini terlihat dengan adanya lahan yang dijadikan taman atau kebun hidup dan terbentuknya kelompok wanita tani dan kelompok tani.

Selain itu, adanya rencana program dari kelurahan mengenai pengadaan bibit tanaman hortikultura. Namun, berdasarkan hasil survey ternyata pengetahuan warga mengenai teknik penanaman masih kurang, sehingga budidaya yang dilakukan tidak berdasarkan keilmuan yang ada.

Melihat kondisi ini, maka Mahasiswa KKN Tim II Undip berinisiatif untuk mengadakan kegiatan “ Sosialisasi, Pengadaan, dan Penanaman Bibit Hortikultura” kepada kelompok tani di Balai RW 01 Kelurahan Kalibanteng Kulon.

image

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan sosialisasi pengenalan tanaman hortikultura dan manfaatnya, kemudian dilanjutkan dengan membagikan bibit tanaman hortikultura berupa terong, tomat dan cabai, dan dilakukan demonstrasi teknik penanaman bibit tanaman hortikultura di lahan kelompok tani RW 01.

Kelompok tani RW 01 memperhatikan dengan seksama penjelasan materi mengenai tanaman hortikultura yang disampaikan oleh mahasiswa dan sangat antusias dalam melakukan penanaman bibit.

“Terima kasih banyak kepada mahasiswa KKN Undip, kami sangat senang dengan adanya sosialisasi ini karena mendapat banyak ilmu baru, terima kasih banyak juga atas bibit yang diberikan kepada kami, semoga setelah adanya sosialisasi ini kelompok tani RW 01 menjadi lebih aktif dari sebelumnya dan dapat membudidayakan tanaman hortikultura dengan baik” Ujar Ibu Siti Parwito, ketua Kelompok Tani RW 01 Kelurahan Kalibanteng Kulon.

image

Diharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, dapat menambah pengetahuan dan keterampilan kelompok tani dalam budidaya tanaman hortikultura di RW 01 Kelurahan Kalibanteng Kulon, sehingga dapat mendorong kelompok tani untuk memperbaiki praktek berusahatani tanaman hortikultura.

DPL : Dr. Noer Abyor Handayani, S.T., M.
Lokasi : Kelurahan Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang
KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2022
#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip