Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Cara Meningkatkan Daya Saing dengan Branding Product
Pemanfaatan media digital seperti media sosial saat ini menjadi pilihan utama setiap pemilik usaha untuk memasarkan produknya. Pilihan ini didasarkan pada banyaknya pengguna media sosial oleh berbagai kalangan di berbagai daerah. Segmentasi pasar yang ada juga membantu mempermudah dalam menargetkan produk tersebut kepada konsumen target. Hal inilah yang menjadikan media sosial menjadi salah satu pilihan utama dalam menggaet konsumen.
Pemanfaatan teknologi baru seperti media sosial dan internet secara umum, memberikan berbagai informasi yang memudahkan setiap orang untuk membuat produk dan usahanya sendiri. Muncul dan berkembangnya usaha maupun produk ini semakin memperkuat persaingan antar usaha yang sudah ada. Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing adalah melalui branding product.
Branding product berarti membuat sesuatu yang unik, berbeda, dengan menggabungkan elemen-elemen seperti logo, desain, visi-misi, citra, karakter, kredibilitas, maupun pemasaran untuk menciptakan persepsi atau penilaian yang positif terhadap perusahaan.
Pada 6 Agustus 2022 yang lalu, Mahasiswa Ilmu Komunikasi KKN Tim II UNDIP berkesempatan untuk mengajarkan mengenai branding product dan hak paten kepada salah satu pemilik UMKM di Kelurahan Kauman Kidul yaitu Tata Catering and Snack. Edukasi mengenai branding product ini merupakan informasi yang cukup dibutuhkan oleh pemilik usaha, Mas Marta yang kerap dipanggil Mas Tata.
Materi mengenai hak paten juga disisipkan dalam eduaksi tersebut, hal ini dikarenakan nama atau brand produk Tata Catering and Snack ini belum dipatenkan dan sempat ada pesaing dengan menggunakan hal yang sama. Oleh karenanya materi mengenai hak paten ini cocok dan bisa untuk langsung diterapkan.
Penulis: Rowena Annisa Noor Laely
Dpl: Ir. Sulistyo M.T., Ph.D.