DAHSYAT! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Ajak Remaja Kalkid Redam Panasnya Bumi

Whats-App-Image-2022-08-14-at-01-47-46

Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Kota Semarang (13/08/2022) – Pada minggu ke-empat kegiatan KKN Tim II UNDIP tepatnya tanggal 31 Juli 2022, Thessa Sagita. M (20) yang merupakan mahasiswa KKN Undip melaksanakan program yang berjudul “Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Pengelolaan Sampah Digital pada Masyarakat Khususnya Remaja”. Hinggat saat ini, lingkungan masih menjadi isu bersama yang harus diperbaiki dan dilestarikan keberlangsungannya. Hal tersebut dikarenakan dampak yang ditimbulkan dari kerusakan lingkungan ini bukanlah suatu hal yang sepele. Salah satu isu lingkungan yang saat ini menjadi isu utama diranah internasional ialah perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global. Hal tersebut dibuktikan dengan poin ke-13 dari SDGs yang berfokus pada perubahan iklim. Adapun terget dari poin ke-13 dalam SDGs ini ialah tentu untuk mengupayakan pencegahan perubahan iklim yang ekstrem dengan cara meningkatkan pengetahuan dan kesadaran seluruh lapisan masyarakat internasional akan perubahan iklim.

Perubahan iklim sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal termasuk sampah digital. Hanya saja, banyak masyarakat yang tidak begitu menyadari dan mengetahui bagaimana cara mengelola sampah digital dengan baik guna meminimalisir percepatan perubahan iklim di bumi ini. Oleh karenanya, dalam kegiatan KKN kali ini, Thessa (20) berniat untuk membahas mengenai pengelolaan sampah digital khususnya bagi para remaja yang kerap menggunakan teknologi masa kini.

Whats-App-Image-2022-08-14-at-01-47-50

Sebagaimana judulnya, program ini ditujukan kepada remaja yang berada di Kalibanteng Kidul dengan cara ikut berpartisipasi dalam kegiatan rutin remaja dan mengajak mereka untuk duduk santai sembari berdiskusi tentang bumi. Membahas mengenai sampah digital, banyak diantaranya mengakui bahwa informasi mengenai sampah digital dan lingkungan sangatlah minim. Sehingga tak heran bila mereka tampak antusias berdiskusi sembari menyantap gorengan yang telah disediakan.

Mendapat respon yang antusias dari para remaja menjadi suatu bukti dari suksesnya program ini. Di harapkan kedepannya kita semua dapat lebih peduli terhadap bumi melalui hal-hal kecil yang bisa kita koordinir.

Penulis : Thessa Sagita. M
DPL : Dr. Drs. Suroto, M. Kes