Cara Baru Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Pengaplikasian Herbarium dalam Kartu Ucapan

20220728-133402

Dasun, Lasem (28/07) – Masa tumbuh anak menjadi satu fase penting dalam kehidupan manusia. Masa kanak-kanak merupakan masa yang sangat rentan dengan pertumbuhan baik fisik maupun mental khususnya anak usia 3—5 tahun. Tingkat kreativitas anak pada usia tersebut mulai terbentuk dimana kreativitas ini memiliki karakteristik berupa rasa ingin tahu yang tinggi, memiliki kemandirian, ketidakpuasan terhadap kemampuan sendiri, dan bersifat sensitif. Bentuk kreativitas anak sendiri beragam seperti melukis, mewarnai, menggambar, berkebun dan kegiatan-kegiatan yang melibatkan unsur permainan dalam proses pembelajarannya. Haniatul Munfaridah, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dengan dosen pembimbing Ojo Kurdi, S.T., M.T., Ph.D. memperkenalkan salah satu terobosan terbaru dalam pembelajaran anak berupa herbarium dalam kartu ucapan. Herbarium merupakan suatu koleksi spesimen dengan memanfaatkan tanaman sekitar dengan berbagai macam tujuan pembelajaran seperti pengenalan identitas tanaman sedangkan kartu ucapan merupakan suatu bentuk komunikasi dalam tulisan yang dapat menyampaikan tujuan pengirim kepada penerima.

Pembuatan herbarium sangat mudah dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan berupa tanaman sekitar yang dipotong sepanjang 10cm, gunting, solasi, koran, pemberat, alcohol, dan kertas HVS. Tanaman yang telah dipotong dibersihkan terlebih dahulu lalu dikeringkan, kemudian disemprot dengan alkohol dan disusun dengan rapi di atas kertas koran. Agar tidak geser, tanaman dapat diberi potongan kertas HVS kecil pada bagian pangkal, tengah dan ujung lalu disolasi secukupnya. Setelah itu, tanaman ditutup dengan koran dan kardus lalu diberi pemberat. Pengeringan dilakukan selama 1 minggu. Tidak lupa selama 3 hari sekali koran diganti untuk menghindari pertumbuhan jamur pada tanaman. Setelah satu minggu herbarium siap untuk digunakan dalam pembuatan kartu ucapan. Kartu ucapan terdiri dari kertas dan amplop dimana peran anak-anak dapat mewarnai dan mengisi tulisan serta gambar sebebas mungkin pada kertas yang telah disediakan. Setelah itu, herbarium dapat dimasukkan/ditempel pada amplop dan kertas ucapan.

asa
Gambar 1. Pembuatan Herbarium oleh Anak-anak Desa Dasun

Anak-anak Desa Dasun sangat antusias dalam pembuatan herbarium dan kartu ucapan. Selain menuangkan kreativitas anak dalam pembuatan kartu ucapan, program ini telah membangkitkan rasa ingin tahu anak-anak terhadap tanaman sekitar. Dimana terdapat banyak tanaman yang sebelumnya dirasa tidak menarik, setelah dilakukannya program pelatihan herbarium ketertarikan anak terhadap tanaman sekitar meningkat. Diskusi singkat terkait materipun berlangsung cukup lama. Hal tersebut membuktikan semangat anak-anak Dasun tinggi dalam mengikuti kegiatan.

Whats-App-Image-2022-08-14-at-02-07-41
Gambar 2. Hasil Kartu Ucapan oleh Anak-anak Desa Dasun

Penulis: Haniatul Munfaridah (24020119130115)
Dosen Pembimbing: Ojo Kurdi, S.T., M.T., Ph.D.
Lokasi: Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang