Tak Sekedar Cuan, Mahasiswa KKN Undip Mengenalkan tokoh Pahlawan Melalui Mata Uang Rupiah Guna Meningkatkan Rasa Nasionalisme

IMG-3128

Banjar, Kertek, Wonosobo (22/07/2022)
Uang merupakan alat tukar atau standar pengukur nilai yang sah. Uang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu. Di setiap sendi kehidupan uang dibutuhkan sebagai alat transaksi dan mendapatkan sesuatu. Tetapi, lebih dari itu terselip nilai lain dalam mata uang yakni gambar yang terdapat didalamnya.
Gambar yang terdapat dalam mata uang rupiah khususnya, berupa Pahlawan Nasional. Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara, atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia, berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009.
Namun pada saat ini banyaknya generasi muda yang lupa bahkan tidak tahu tokoh pahlawan yang memerjuangkan kemerdekaan dengan segala cerita heroiknya karena tidak terjun langsung merasakan perjuangan melawan penjajah sehingga rasa kebanggan terhadap jasa dan nilai kepahlawanan kurang. Oleh karena itu Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II Tahun 2021/2022 mengadakan pembelajaran sejarah melalui media yang mudah ditemui yakni uang kertas rupiah pada tanggal 21 juli 2022 kepada siswa-siswi SD Negri Banjar guna mengenal tokoh pahlawan serta meningkatkan rasa nasionalisme siswa-siswi SD Negeri Banjar. Selain itu, Pembelajaran dilengkapi dengan diadakan lomba menggambar tokoh pahlawan guna menambah minat pembelajaran.

Nama : Niken Maulina Litari
Lokasi : Desa Banjar
DPL : Yayuk Endang Irawati S.S., M.A.